ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Serahkan 10 Ribu Bibit Cabai Hingga Terong untuk Seluruh Wilayah Jakarta

Rabu, 25 Januari 2023 05:30 WIB

Share
10 ribu bibit tanaman cabai hingga terong untuk masyarakat Jakarta.(Ist)
10 ribu bibit tanaman cabai hingga terong untuk masyarakat Jakarta.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menyerahkan 10.000 bibit tanaman.

Bibit yang terdiri dari bibit tanaman terong dan cabai itu diserahkan kepada masyarakat yang berlangsung secara hybrid di enam wilayah kota dan satu kabupaten, pada Selasa, 24 Januari 2023.

Penyerahan simbolis bibit tanaman ini berlangsung di RW 09 Kelurahan Karet Tengsin, yang dilakukan Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta, Mirdiyanti; dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Uli Simanjuntak.

Mirdiyanti mengatakan, pihaknya bersama Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan langsung menanam bibit tersebut di RPTRA Duren Sawit.

Menurut Mirdiyanti, kondisi perubahan iklim turut menghambat produksi pertanian, peternakan dan perikanan yang akan memicu berkurangnya ketersediaan pangan di kota ini. Oleh sebab itu, sistem pertanian perkotaan (urban farming) perlu digalakkan untuk menciptakan ketahanan pangan.

"Alhamdulillah dengan bibit cabai dan terong ini ada sedikit penghijauan dengan urban farming. Urban farming ini juga sekaligus solusi penambahan ruang terbuka hijau," kata dalam keteeangan tertulis, Senin (24/1/2023).

Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta menerima bantuan 1.875 bibit terong dan cabai dari Persit Kartika Candra Kirana. Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Uli Simanjuntak mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang telah bersama-sama bersinergi dalam menjaga ketahanan pangan. Harapannya, bibit ini dapat berkontribusi terhadap inflasi di DKI Jakarta.

"Kalau kita bergotong-royong, kita bisa menciptakan ketahanan pangan sesuai amanah dari Presiden Republik Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati, menambahkan, totalnya akan ada 10 ribu bibit tanaman, yang terdiri dari tanaman terong dan cabai yang akan diberikan kepada warga Jakarta secara bertahap. 

"Bibit cabai dan terong yang diserahkan kepada masyarakat ini, diharapkan dapat mengurangi inflasi di DKI Jakarta, terutama menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang. Dengan semangat gotong royong, kita bisa menciptakan ketahanan pangan bersama," tuturnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT