ADVERTISEMENT

Pembebasan Julian Assange Didukung Para Pemimpin Amerika Latin

Selasa, 24 Januari 2023 16:30 WIB

Share
Julian Assange
Julian Assange

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

AMERIKA LATIN, POSKOTA.CO.ID - Dukungan untuk pembebasan pendiri WikiLeaks Julian Assange datang dari sejumlah pemimpin negara Amerika Latin.

Mereka mendukung kampanye "Bebaskan Assange" dan mendesak Presiden Amerika Serikat untuk menarik segala tuduhan terhadap Julian Assange serta membebaskannya dari penjara Inggris. Demikian dikutip dari Press Association pada Senin (23/1/2023).

Julian Assange saat ini ditahan di penjara Belmarsh London dan sudah mengajukan banding terkait putusan ekstradisi dirinya ke Amerika Serikat.

Editor WikiLeaks Kristinn Hrafnsson mengabarkan dalam beberapa pekan terakhir sejumlah pemimpin negara Amerika Latin termasuk Meksiko, Bolivia, Brasil, dan Argentina menyampaikan pernyataan terkait kasus Julian Assange.

Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador dalam pertemuan dengan Presiden AS mengutarakan protesnya terkait masalah Julian Assange. Menurutnya penahanan pendiri WikiLeaks adalah bentuk ketidakadilan.

"Jika sampai Assange diekstradisi ke AS dan di sana mendapat hukuman maksimal maka kampanye penggulingan patung kebebasan Amerika harus dimulai. Patung itu bukan lagi simbol kebebasan,” tambahnya.

Amerika Serikat untuk menegakkan keadilan harus mencabut tuduhan-tuduhan terhadap Assange dan menghentikan proses ekstradisi yang tengah berlangsung,” pungkas Presiden Argentina Alberto Fernandez. ***

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT