ADVERTISEMENT

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan pada 24 dan 25 Januari

Selasa, 24 Januari 2023 09:37 WIB

Share
Ilustrasi  gelombang tinggi lautan. (Setwapres)
Ilustrasi  gelombang tinggi lautan. (Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi di beberapa wilayah perairan pada 24 - 25 Januari 2023.

Hal itu  dipicu pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot.

Demikian diutarakan Akhmad Taufan Maulana, Koordinator Bidang Humas BMKG di Jakarta, Selasa  (24/1/2023).

"Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya - Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara dan perairan Kep. Anambas - Kep. Natuna," tambah Akhmad Taufan Maulana.

Kondisi ini menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeulue - Kep. Mentawai, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa - NTB, Laut Jawa, perairan Kep. Sangihe - Kep. Talaud, Laut Sulawesi bagian timur, Laut Maluku bagian utara, perairan utara dan barat Halmahera, Laut Halmahera, perairan utara Papua Barat - Papua, Samudra Pasifik Utara Papua barat - Papua.

Untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 2.5 - 4.0 meter berpeluang terjadi di perairan Bengkulu - Lampung, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai - Lampung, Laut Natuna.

 Sedangkan untuk gelombang di kisaran lebih tinggi 4.0 - 6.0 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna utara, perairan utara Kep. Anambas - Kep. Natuna.

Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tutupnya. 

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT