ADVERTISEMENT

Biaya Haji Sampai Rp69 Juta, Dirjen PHU: Kami Tidak Ada Niat Memberatkan Calon Jemaah

Selasa, 24 Januari 2023 22:43 WIB

Share
Dirjen PHU Hilman Latief saat menghadiri diskusi
Dirjen PHU Hilman Latief saat menghadiri diskusi "Biaya Haji 2023 Naik?". (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kemenag memiliki harapan agar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk musim haji ini sebesar Rp69 juta untuk setiap jemaah haji bisa diturunkan.

"Jadi kami pun tidak ada niat memberatkan calon jemaah," terang Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief dalam acara Media Gathering bertajuk 'Biaya Haji 2023 Naik?', di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Pembicara dalam acara itu Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah, dan juga hadir Stafsus Menag, Wibowo Prasetyo.

Seperti diketahui, dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, pemerintah mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahun 2023 sebesar Rp69.193.733.

Bipih adalah komponen biaya yang dibayar oleh jemaah haji.

Jumlah Bipih yang diusulkan tahun ini adalah 70% dari total Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencapai Rp98.893.909. Sisanya yang 30% (Rp29.700.175) diambilkan dari nilai manfaat pengelolaan.

Hilman Latief mengungkapkan bahwa penetapan Bipih baru diputuskan Pemerintah dan DPR pada pertengahan Februari 2022.

Sebab itu, masih ada  waktu diskusi atau berdebat untuk membicarakan Bipih.

"Kami menawarkan satu formula yang ideal untuk kelanjutan dana haji, bukan hanya untuk yang akan berangkat besok, tapi juga untuk tahun berikutnya," tutur Hilman.

Menurut dia, kalau nanti terjadi penurunan (dari usulan Bipih kepada DPR) tentu kita akan melihat  (penyebab  turunnya) apakah karena harga avtur  (bahan bakar pesawat) turun, atau kita juga akan nilai tukar dolar AS dan riyal terhadap rupiah, dan komponen biaya lainnya yang akan dibicarakan dengan Komisi VIII DPR. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT