ADVERTISEMENT

8 Tips Menabung agar Menjadi Financially Fit di Tahun Kelinci Air

Jumat, 20 Januari 2023 01:02 WIB

Share
tahun kelinci air
tahun kelinci air

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT


JAKARTA, POSKOTA.CO.ID
Harti Minggu tanggal 20 Januari 2023 adalah tahun baru Imlek. Bagi masyarakat Tionghoa, tahun ini jatuh pada tahun kelinci air. Kelinci dianggap sebagai hewan yang melambangkan kesejahteraan dan harapan serta kesuksesan. Selain itu, air melambangkan suatu proses pemulihan.

Maka dari itu, Tahun Kelinci Air dapat diartikan sebagai tahun yang penuh akan harapan, kesejahteraan, kesuksesan serta tahun pemulihan dari situasi yang sebelumnya kurang baik. Sesuai dengan hal tersebut, tahun ini menjadi tahun yang cocok untuk memulihkan diri, tidak hanya secara fisik tapi juga secara finansial dengan harapan kita bisa menjadi financially fit di Tahun 2023.

Guna menggapai hal tersebut, hal sederhana yang dapat kita lakukan salah satunya adalah dengan menabung. Bank OCBC NISP melalui Monica Novelyana, Brand & Communication Division Banknya  membagikan tips  menabung agar bisa menjadi financially fit. 

                                   1.TENTUKAN TUJUANMU
Saat melakukan sesuatu, kita pastinya harus menentukan apa yang menjadi tujuan kita. Misalkan, tujuan menabung kamu adalah untuk berlibur dan dana yang diperlukan untuk liburan tersebut adalah 10 juta. Nah, tentukan strategi menabung pun dapat dirancang. Kamu juga bisa membuat catatan yang merincikan pendapatan serta pengeluaranmu dan menuliskan detail prosedur menabung, termasuk jangka waktunya.

                                   2.TENTUKAN FREKWENSI MENABUNG
Berkaitan dengan tips yang pertama, untuk memastikan target menabungmu dapat terkumpul dalam jangka waktu yang telah ditentukan, kamu harus menentukan frekuensi menabung yang disesuaikan dengan kemampuanmu. 
Misal, kamu butuh dana 10 juta yang akan kamu simpan untuk berlibur harus bisa kamu capai dalam waktu 6 bulan. Maka, frekuensi menabungmu adalah sekitar 1.7 juta setiap bulannya agar target ini bisa tercapai.

       3. PISAHKAN REKENING TABUNGAN DENGAN REKENING KEBUTUHAN
Langkah selanjutnya yang mungkin terlihat sepele adalah membuat rekening khusus menabung. Memisahkan uang dalam satu rekening khusus akan sangat membantumu dalam mengalokasikan uang mana yang akan dipakai untuk sehari-hari dan uang mana yang tidak boleh diganggu. 

           4.PASTIKAN UANG TABUNGANMU BEBAS DARI GANGGUAN
Saat kita sedang menabung dalam waktu yang tidak sebentar, tentu saja akan ada berbagai kondisi yang terkadang menggoda kita untuk mengambil sedikit uang tabungan untuk kebutuhan lain. Hati-hati agar tidak tergoda di tengah jalan ya!

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memastikan tabunganmu tidak tergganggu adalah dengan membuat tabungan atau budget yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya. Misal, selain kamu menabung untuk liburan kamu juga bisa mengalokasikan dana yang akan kamu simpan untuk kebutuhan sehari-harimu dan keinginanmu.

                                                    5. KONSISTEN
Nah, tentu saja konsistensi memegang peran yang penting banget nih dalam proses menabung. Tanpa konsistensi, kamu tidak mungkin bisa menggapai target sesuai dengan rencana yang telah kamu bentuk.

Frekuensi menabung yang tadi direncanakan hanya bisa dijalankan jika kamu memiliki konsistensi yang kuat sehingga tiap bulannya dana sebesar 1.7 juta tersebut masuk secara rutin ke dalam rekening tabunganmu.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Tatang Suherman
Editor: Tatang Suherman
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT