PKL Tumpah Ruah di Kawasan Wisata Kota Tua, Kasatpol PP Jakbar: Itu Kondisi Bulan Desember 2022

Rabu, 18 Januari 2023 13:58 WIB

Share
Kepala Satpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto. (Pandi)
Kepala Satpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto. (Pandi)

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID –   Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat mengkalim bahwa video viral pedagang kaki lima (PKL) yang tumpah ruah di kawasan wisata Kota Tua merupakan video lama.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto mengatakan, situasi PKL yang tumpah ruah di kawasan wisata Kota Tua itu terjadi pada Bulan Desember 2022.

"Kondisi itu sebenernya kondisi di bulan Desember 2022, jadi dengan dampak dari Kota Tua yang sudah rapi, indah, pengunjung membludak di bulan Desember. Kebetulan berbarengan dengan libur Nataru, ini pengunjung luar biasa di bulan Desember," ujarnya kepada wartawan, Rabu (18/1/2023).

Agus menjelaskan, banyaknya pengunjung yang datang dimanfaatkan para PKL untuk meraup keuntungan dengan berjualan di dalam kawasan wisata Kota Tua.

Saat itu petugas Satpol PP bukan membiarkan para PKL berjualan. Agus menuturkan pihaknya khawatir akan terjadi chaos kalau petugas langsung menyuruh para PKL untuk tidak berjualan di dalam kawasan.

"Kalau kita lakukan penegakan yang serta merta ini akan muncul chaos,karena kita juga harus memahami bahwa masyarakat sedang memanfaatkan kondisi itu untuk perbaikan ekonomi," paparnya.

Saat itu, imbuh Agus, pihaknya hanya memberikan teguran dan imbauan kepada para PKL agar tidak berjualan di dalam kawasan wisata Kota Tua. Beberapa PKL bahkan sampai diberikan sanksi kartu kuning.

"Jadi di awal tahun 2023 sudah tidak ada, sudah clear, bisa dilihat. Pedagang yang berusaha silahkan ada tempat lokbin Kota Intan dan juga beberapa tempat bisa disewakan," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, ratusan pedagang kaki lima (PKL) membanjiri kawasan wisata Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat. Petugas kewalahan untuk menertibkan para PKL tersebut.

Kejadian viral di media sosial setelah akun tiktok @aksanationofficial mengunggahnya.

Dalam rekaman video viral itu memperlihatkan ratusan PKL tampak tumlah ruah di kawasan wisata Kota Tua, tepatnya di depan Bank Mandiri dan sekitaran Stasiun Kota.

Nampak para PKL tersebut berjualan di area kawasan wisata Kota Tua yang tidak seharusnya digunakan untuk berjualan. (Pandi)

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar