ADVERTISEMENT

Rakornas Forkopimda Bahas Penanganan Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi, Mendagri Paparkan Capaian Tahun 2022

Selasa, 17 Januari 2023 12:56 WIB

Share
Rakornas Forkopimda Se-Indonesia di Kabupaten Bogor (Foto: Panca)
Rakornas Forkopimda Se-Indonesia di Kabupaten Bogor (Foto: Panca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Bertemakan pertumbuhan ekonomi dan penanganan inflasi, Rakornas Forkopimda se-Indonesia, Mendagri, Tito Karnavian paparkan capaian penanganan inflasi di tahun 2022.

Tito menyebutkan, pihaknya saat ini resmi melakukan Rakornas Forkopimda se-Indonesia atas tindak lanjut arahan langsung dari Presiden pada Jumat (6/1/2023).

Dengan tema penguatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, menurut Tito, Rakornas ini adalah upaya untuk melakukan pengendalian inflasi daerah.

"Kemendagri bersama kementerian terkait telah melaksanakan langkah-langkah. Di antaranya rapat rutin mingguan rapat pengendalian inflasi daerah setiap hari senin yang diikuti kepala daerah dan Forkompimda, pimpinan instansi vertikal Pemprof dan Pemda/Pemkot sejak 2022 sampai hari ini," ungkapnya melalui sambutannya.

Dilaporkan juga, sambung Tito, ekonomi di Indonesia terus menunjukan angka positif. Hal ini  berdasarkan laporan BPS kuartal ketiga tahun 2022 yang menyebut ekonomi Indonesia mencapai 5,72 persen.

"Tingkat inflasi juga terkendali dengan baik, sesuai BPS September 2022 laku inflasi di angka 5,95 persen, bulan Oktober menjadi 5,71 persen, november turun jadi 5,42 persen dan desember naik sedikit jadi 5,51 persen karena adanya pola demand atau musiman, karena adanya perayaan natal dan tahun baru," terangnya.

Selanjutnya, Tito pun menyebut, pada acara Rakornas Forkopimda ini, sedikitnya dihadiri oleh 4.545 peserta.

"Dari pusat 239 orang, 45 pimpinan kementerian lembaga, 34 sekjen dan sekertaris utama, 25 eselon 1, 27 pejabat eselon 1 kemendagri dan BNPP, 97 pejabat eselon 2 kemendagri, pimpinan satgas tingkat eselon 3, dan 8 kepala pos lintas batas negara nasional, l pemerintah daerah 3.287 orang," pungkasnya.

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT