Panglima TNI Laksamana Yudo Margono Jamin Anggota TNI Netral Pemilu 2024

Selasa, 17 Januari 2023 14:44 WIB

Share
Foto : Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Poskota/Panca Aji)
Foto : Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Poskota/Panca Aji)

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Memasuki tahun politik, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Laksamana Yudo Margono menjamin bahwa prajurit tentara netral di Pemilu 2024, Selasa (17/1/2023).

Menurut Panglima TNI, sesuai arahan Presiden di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sudah dipastikan bahwa TNI akan berada di posisi netral.

"Sesuai perintahnya kan sekarang sesuai yang waktu fit n propertis TNI harus netral, dan saya akan menjamin netralitas TNI di pemilu 2024 itu udah harga mati gak boleh ditawar lagi," ungkapnya kepada wartawan di Aula SICC, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam pengamanan Pemilu, kata Yudo, pihaknya bakal melaksanakan pengamanan di seluruh wilayah Indonesia.  "Ya nanti tergantung kebutuhannya Polri, kita kan memback-up Polri soal pengamanannya sehingga berapa kebutuhan yang diminta kita akan dukung," ujar Laksamana Yudo Margono.

Menjelang Pemilu, sambung Yudo, TNI telah menggelar operasi baik di darat, laut maupun udara. "Sekarang ini belum, masih kondusif sekarang. Nanti menjelang pemilu baru sesuai permintaan Polri kita akan membackup pasukan kita yang diperlukan, tentunya daerah-daerah mana saja yang dianggap rawan dan sebagainya dipekuat dan sebagainya nanti tergantung polri," imbuh Yudo Margono.

Poskota TV

Panglima TNI menegaskan dan telah menjamin bahwa TNI netral dalam Pemilu 2024 mendatang. "Tentunya saya akan konsisten untuk itu ya nanti kita tekankan kepada seluruh jajaran sekarang ini sudah mulai penekanan kepada jajaran untuk nanti netral," ucapnya.

Adapun jika memang ada yang bertindak tidak netral, melalui perangkat hukum yang berlaku akan dilakukan pengenaan sanksi secara tegas. 

"Untuk antisipasi terselubung, kita kan punya intelejen, perangkat intelejen untuk itu. Kan selama ini juga netral terus kan dari dulu TNI? Kalau ada oknum ya pasti akan kita proses hukum. Jadi gak perlu diragukan lagi saya kira di dalam sejarah TNI, sejak pemilu pertama sampai kemarin kan semua kita kan netral," pungkasnya. (Panca)

Reporter: Panca Aji
Editor: Novriadji Wibowo
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar