ADVERTISEMENT

Peras Kades Mau Beritakan Pungli Bansos BPNT, 2 Pria Ngaku Wartawan Diciduk Polisi

Jumat, 13 Januari 2023 10:37 WIB

Share
Ilustrasi barang bukti yang diamankan polisi. (foto: veronica)
Ilustrasi barang bukti yang diamankan polisi. (foto: veronica)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Melakukan pemerasan terhadap Kepala Desa (Kades) Cibanteng,  Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, dua pria yang ngaku-aku wartawan diringkus polisi, Jum'at (13/1/2023)

Kapolsek Leuwiliang, Kompol Agus Supriyanto mengatakan, pihaknya telah mengamankan dua orang pria berinisial Y dan AZ atas tindakan pemerasan terhadap salah satu Kepala Desa.

"Iya udah kita amankan, Y dan AZ. Kalau obyeknya (pemerasan) itu di Desa Cibanteng, Kecamatan Leuwisadeng," ungkapnya kepada wartawan.

Agus menjelaskan, kedua pria yang ngaku-aku sebagai wartawan ini melakukan pengancaman terhadap Kades dengan modus akan memberitakan suatu kegiatan BPNT atau Bansos di Desa tersebut.

"Dia mengancam akan beritakan sesuatu, kalau mau enggak diberitakan, suruh serahkan uang begitu," paparnya.

Pada saat pelaksanaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), tambah Agus, kedua pria ini menganggap adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh Ketua RT dan RW di desa tersebut.

"Tapi tidak terbukti gitu pungutan liar gimana. Yang dilakukan katanya oknum dari RT RW. Terus kenapa yang diperas jadi kepala desa. Yang mau dimintain, diberitain segala macam kadesnya," tutur Agus.

Terhadap Kades, kedua pelaku ini meminta uang sejumlah Rp. 50 juta. 

Jika tidak memberikan maka Z dan AY akan membuat berita tentang Pungli yang dianggap terjadi di Desa Cibanteng.

"Pertama minta Rp. 50 juta, turun Rp. 32 juta, akhirnya kemarin Rp. 15 juta. Terus Rp. 10 juta diserahkan, nanti yang Rp.
5 Juta (pelaku) minta waktu seminggu lagi. Mereka mengancam kalau dalam waktu seminggu enggak diserahkan, naik berita gitu," terangnya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Panca Aji
Editor: Idham Kurniawan
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT