ADVERTISEMENT

Tumpukan Sampah Sepanjang 100 Meter Penuhi Aliran Sungai di Bekasi, Begini Penampakannya

Rabu, 11 Januari 2023 22:55 WIB

Share
Sampah menumpik di aliran kali sepak, Tambun Utara, Bekasi. (ist)
Sampah menumpik di aliran kali sepak, Tambun Utara, Bekasi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BEKASI, POSKOTA.CO.ID - Puluhan ton sampah hampir sepanjang seratus meter mulai diangkut dari dalam kali Sepak, depan pintu Tol Gabus, Desa Srijaya, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (11/1/2023).

Menurut Kepala UPTD Pengelolaan Sampah Wilayah 2, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, Sumardi, tumpukan sampah itu khawatir akan menyebabkan terjadinya banjir di ruas tol Cibitung - Cilincing saat terjadinya hujan deras.

"Kalau dibiarkan, saat hujan dengan intensitas tinggi mulai turun, ini akan menjadi penyebab terjadinya banjir yang menggenangi ruas jalan Tol Cibitung Cilincing, mengingat Tol tersebut merupakan salah satu objek vital tentunya sangat berbahaya," ujar Sumardi dilokasi pengangkatan sampah.

Bahkan potongan batang pohon yang terbawa menyumbat sampah sampah yang datang dari wilayah hulu saat hujan deras.

Dalam hal ini, pihaknya menerjunkan belasan petugas untuk membersihkan sampah yang didominasi sampah plastik rumah tangga dan batang pohon.

Terdapat 4 unit truk pengangkut sampah, dan 2 unit alat berat Eksavator dari Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi dikerahkan.

"Mengingat ini tepat di pinggir jalan masuk tol, jadi harus dikerjakan pada malam hari, karena kalau siang itu terkendala oleh arus lalu lintas kendaraan yang padat," jelas Sumardi.

Kendati demikian, puluhan ton yang menumpuk itu dapat dibersihkan dalam 2 hari kedepan.

Nantinya, sampah dari kali itu akan diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Burangkeng.

"Kami angkat dulu dari tadi malam, terus kita biarkan kering dulu baru kita angkut ke Burangkeng, dan kami prediksi ini selesai dalam 2 hari," pungkasnya. (ihsan fahmi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT