ADVERTISEMENT

Banten Diprediksi Dilanda Cuaca Esktrem 6 Hari, BMKG Imbau Warga Waspada Banjir dan Puting Beliung

Senin, 9 Januari 2023 12:33 WIB

Share
Ilustrasi hujan disertai petir. (Ist.)
Ilustrasi hujan disertai petir. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis hasil analisis dinamika atmosfer yang bakal terjadi dalam waktu sepekan untuk Wilayah Banten diprediksi dilanda cuaca ekstrem.

Untuk itu warga diimbau untuk mewaspadai banjir dan puting beliung. Menurut Kasi Data dan Indormasi BMKG Klas I Serang, Tarjono hasil analisis dinamika atmosfer, indeks ENSO di wilayah Nino 3.4 mendukung peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

Menurutnya, suhu muka laut relatif hangat dengan nilai anomali berkisar antara +0.5 s/d +2.5 derajat celcius di wilayah Laut Jawa dapat meningkatkan potensi penguapan (penambahan massa uap air).

"Serta kelembaban udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya Banten," katanya, Senin (9/1/2023).

Dengan hasil kajian tersebut, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang sampai lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Pada 09 Januari 2023, potensi itu diprediksi terjadi di Lebak bagian Selatan, Serang bagian Barat, Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Kemudian, 10 Januari 2023, cuaca ekstrem bakal terjadi di Tangerang bagian Selatan, Kota Tangerang Selatan. Tanggal 11 Januari 2023 terjadi di Kota Serang, Serang bagian Timur, Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

"Tanggal 12 Januari 2023 Lebak bagian Timur. Tanggal 13 Januari 2023 Lebak bagian Utara. Tanggal 14 Januari 2023 Lebak bagian Timur," jelasnya.

 

Poskota TV

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Novriadji Wibowo
Contributor: Bilal Hardiansyah
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT