Pfizer Comirnaty Belum Bisa Digunakan Pemerintah Didesak Sediakan Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak

Selasa, 3 Januari 2023 11:41 WIB

Share
Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay. (ist)
Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay. (ist)
JAKARTA, POSKOTA.CO.ID -Pemerintah untuk segera menyediakan vaksin Covid-19 untuk Anak-anak. Ini penting apalagi, penyebaran Covid-19 dengan berbagai variannya masih terjadi.
 
Demikian diutarakan Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, di Jakarta, Selasa  (3/1/2023).   Ia mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memang sudah memberikan izin vaksin Pfizer  Comirnaty untuk anak berusia 6 Bulan sampai 11 tahun. 
 
"Tetapi sampai sekarang, belum dilaksanakan, karena menunggu proses penilaian dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI)," terang anggota dewan dari daerah pemilihan Sumatera Utara II.
 
Saleh Daulay menilai bahwa vaksinasi untuk anak itu sangat spesial. Kekebalan mereka terhadap penyakit harus diutamakan. Pemerintah harus betul-betul memperhatikan dan memprioritaskan vaksin untuk mereka.
"Kebutuhan terhadap vaksin Covid-19 untuk anak ini penting. Apalagi, penyebaran virus Covid-19 dengan berbagai variannya masih terjadi. Orang yang terpapar masih saja bertambah setiap hari," tutur Saleh Daulay
 
"Saya mendengar, Kementerian Kesehatan saat ini sedang menunggu vaksin buatan dalam negeri. Itu tentu sangat baik dan bijak. Tetapi, untuk mengisi kekosongan yang terjadi saat ini, pemerintah harus mencari alternatif. Kita juga dikejar oleh waktu agar jadwal vaksinasi sesuai dengan yang semestinya," tambah anggota DPR yang membidangi kesehatan.
 
Ia mengutarakan dalam rapat terakhir, Kementerian Kesehatan dan produsen vaksin merah putih memang telah menyanggupi pengadaan vaksin. 
 
"Mestinya, itu (vaksin anak) sudah ada sekarang. Kalau belum, berarti ada kendala. Kita perlu menelusuri apa kendalanya untuk diselesaikan". 
Seperti diketahui, BPOM secara  resmi memberikan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin virus corona (Covid-19) Comirnaty Children untuk anak usia 6 bulan-11 tahun. Kepala BPOM, Penny K Lukito, mengatakan bahwa ada perbedaan formulasi dan kekuatan antara vaksin Comirnaty untuk anak-anak dengan remaja atau dewasa. (johara)
 
Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar