JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2022 pengguna kereta api jarak Jauh sebanyak 154.920.
Mereka berasal dari berbagai tujuan untuk berlibur atau pun pulang ke kampung halaman.
Ada pun puncak kenaikan penumpang terjadi pada H-2 Libur Natal atau Jumat (23/12/ 2022), KAI menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh.
Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh.
VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan Volume pelanggan KA Jarak Jauh tersebut meningkat 21%.
“Dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember di mana KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh. Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023. Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 & 2 Januari 2023,” ucapnya dalam siaran pers, pada hari Minggu(25/12/2022).
Lebih lanjut Joni menerangkan, mayoritas pelanggan KA jarak jauh melakukan perjalanan pada puncak libur natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya.
“Rinciannya, terdapat 17 ribu pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, 11 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi. Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Bandung, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, Bandung - Jakarta, Bandung - Surabaya, Surabaya - Yogyakarta, dan lainnya,” Jelasnya.
Kemudian Joni menjelaskan, total tiket KA Jarak Jauh yang disediakan pada periode Natal dan Tahun Baru 2023 (22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023) yaitu sebanyak 2,4 juta tempat duduk.
Tiket KA Jarak Jauh pada masa Nataru yang telah terjual sampai dengan 24 Desember 2022 adalah sebanyak 1,1 juta tiket.
“Tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1. Bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan," terangnya.