ADVERTISEMENT

Dansatgas Yonif PR 305 Kostrad Resmikan Gereja Bantuan Kasad

Jumat, 23 Desember 2022 11:32 WIB

Share
Dansatgas Yonif PR 305 Kostrad Resmikan Gereja Bantuan Kasad.(Penkostrad).
Dansatgas Yonif PR 305 Kostrad Resmikan Gereja Bantuan Kasad.(Penkostrad).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kebahagiaan anak cucu mendiang Oktavianus Sondegau tak bisa ditutupi setelah Gereja Bazemba bantuan dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurrachman, selesai dibangun oleh para Ksatria Kostrad.

Didampingi oleh Gembala Yakob Sondegau dan disaksikan oleh para Pendeta dari beberapa Gereja di Intan Jaya, serta masyarakat Bazemba Yokatapa, Dansatgas Yonif Para Raider 305 Kostrad Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila menyerahkan kunci Gereja kepada Ketua Kelasis GKII, Pendeta Timotius Miagoni, sebagai simbol resminya

Gereja Bazemba digunakan sebagai rumah ibadah masyarakat Bazemba. Intan Jaya, Papua. Rabu ( 21/12/ 2022).

Tak peduli hujan yang tak ada hentinya membasahi tanah Intan Jaya sejak Selasa sore, masyarakat Bazemba penuh berkumpul, menyiapkan perayaan peresmian Gereja yang telah lama mereka idam-idamkan.

Lima ekor babi, yang salah satunya merupakan hadiah dari KASAD serta 300 ekor ayam, dipotong dan dimasak dengan budaya bakar batu.

Suara-suara khas adat masyarakat Papua, hanya sesekali terhenti terdengar. Selebihnya, selalu menghiasi meriahnya suasana di halaman Gereja Bazemba. Bahkan, ramainya aktivitas di halaman Gereja, bisa terdengar sampai ke kampung-kampung sebelah.

Dipayungi rintik-rintik air hujan, dipimpin oleh Gembala Yakob Sondegau, masyarakat menyambut kedatangan Raja Aibon Kogila. Kalung anggrek dengan liontin taring babi serta noken asli dari serat kayu, dipakaikan oleh sang Gembala di leher Raja Aibon. Itulah bentuk penghormatan tertinggi masyarakat Intan Jaya, yang biasanya hanya dianugerahkan kepada Kepala Suku Besar atau orang-orang tertentu.

"Tidak pernah ada dari tahun ke tahun TNI sperti ini," ujar Pendeta Timotius Miagoni. (*/tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT