ADVERTISEMENT

Fakultas Teknik dan Hukum UTA 45 Jakarta Gelar Pengabdian Dosen dan Mahasiswa untuk Pemberdayaan Masyarakat

Selasa, 20 Desember 2022 18:39 WIB

Share
Fakultas Teknik dan Hukum UTA 45 Jakarta Gelar Pengabdian bersama masyarakat. (ist)
Fakultas Teknik dan Hukum UTA 45 Jakarta Gelar Pengabdian bersama masyarakat. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum menggelar Pemberdayaan Masyarakat melalui UMKM untuk masyarakat korban gempa di Cianjur dengan Pemanfaatan Energi Ramah Lingkungan.

Tim Abdimas Kegiatan Kemandirian Masyarakat (KKM) Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta di Besa Benjot, Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, pada tanggal 19 Desember 2022, yang dibiayai oleh Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Program Insentif Pemberdayaan Masyarakat Terintegrasi dengan MBKM berbasis kinerja IKU.

Awalnya kunjungan ke lokasi bencana Cianjur untuk melihat secara langsung kondisi dilapangan yang bedampak paling parah di lapangan, dan bertemu langsung dengan Wakil Desa Benjot yaitu Uus Sanusi, S.IP.

Kemudian melakukan survey berikutnya untuk melakukan wawancara langsung ke Ketua kelompok pedagang UMKM Sarimana untuk mengetahui apa-apa yang dibutuhkan setelah mengalami bencana gempa.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dosen dan mahasiswa UTA 45 Jakarta kepada masyarakat.

Tema KKM ini bertujuan memberdayakan masyarakat UMKM yang terdampak gempa.

Dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam acara ini berjumlah 6 orang yang tergabung dari Fakultas Teknik dan Fakultas Hukum dan dihadiri oleh Ketua dan anggota UMKM Sarimana yang berjumlah 9 orang, dan juga perangkat Desa Benjot.
 
Memberikan Penyuluhan tentang pentingnya penggunaan energi yang ramah lingkungan, penyuluhan dan motivasi kepada UMKM supaya bangkit dari keterpurukan setelah mengalami gempa.

Memberikan pemahaman cara penggunaan tenaga surya dan manfaatnya dan juga mengajak seluruh masyarakat terutama anggota UMKM Sarimana untuk bersama-sama melanjutkan usaha mereka setelah mengalami gempah.

"Kami merasa terbantu dan berterima kasih dengan adanya tim abdimas Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta yang memberikan bantuan peningkatan usaha dalam bentuk pembangkit listrik tenaga surya dan pemberian peralatan pendukung dalam peningkatan usaha untuk kami, semoga bermanfaat," kata Perwakilan dari Desa Benjot, Uus Sanusi, S.IP. (*/mia)


 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT