ADVERTISEMENT

Subuh Tadi, Gempa Bumi 5,1 Magnitudo Guncang Wilayah Kecamatan Sumur Pandeglang

Sabtu, 17 Desember 2022 12:12 WIB

Share
Peta lokasi gempa bumi di Kecamatan Sumur, Pandeglang. (Foto: Ist).
Peta lokasi gempa bumi di Kecamatan Sumur, Pandeglang. (Foto: Ist).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PANDEGLANG, POSKOTA.CO.ID - Gempa bumi dengan kekuatan sebesar 5,1 magnitudo mengguncang wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (17/12) sekitar pukul 04:50 WIB subuh tadi. 

Getaran gempa bumi yang berpusat di Sumur-Banten tersebut, terasa kuat ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Lampung, Kota Bumi dan daerah lainnya. 

Diketahui dari informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah2 Banten, bahwa gempa bumi tersebut terjadi pada titik koordinat 6.25.LS, 105.04 BT dengan kedalaman 10 kilo meter. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Rahmat Zultika membenarkan, peristiwa gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo yang berpusat di wilayah Kecamatan Sumur, Pandeglang, getarannya terasa di sejumlah daerah di luar Banten.  

"Getaran gempa terasa di luar daerah seperti Lampung, tapi kalau di Pandeglang sendiri kami belum dapat informasi dari masyarakat terkait getaran gempa yang terjadi subuh tadi," ungkapnya. 

Salah seorang warga Pandeglang, Enur mendapatkan kabar dari orang tuanya di daerah Lampung, jika ibunya itu merasakan getaran gempa bumi yang cukup kuat. 

Padahal ia sendiri di Pandeglang tidak merasakan getaran gempa tersebut, meski lokasi gempa terjadi di wilayah Sumur, Pandeglang.

"Iya, tadi mamah saya ngasih tahu ke saya kalau ada gempa di Pandeglang tapi getarannya terasa kuat sampai ke Lampung. Tapi di kita mah gak kerasa kan, saya juga gak merasakan getaran gempa," ujarnya.

Ia berharap, semoga saja tidak terjadi apa-apa dari dampak gempa bumi tersebut. "Mudah-mudahan saja tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT," harapnya. (Samsul Fatoni).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT