Jokowi Lakukan Pertemuan Bilateral dengan Perdana Menteri Ceko, Dorong Kerja Sama

Rabu, 14 Desember 2022 23:09 WIB

Share
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala. (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala. (Instagram/@jokowi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali kunjungan kerja di Brussels, Belgia, dengan melakukan pertemuan bilateral bersama Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala. 

Pertemuan keduanya berlangsung di Hotel Steigenberger Wiltcher's, Rabu (14/12/2022).

Dalam pertemuannya itu, Jokowi menyampaikan beberapa kerja sama, seperti kerja sama ekonomi, kerja sama pertahan dan industri strategis, serta kerja sama Indo-Pasifik.

"Beberapa langkah yang saya kira bisa didorong untuk tingkatkan perdagangan antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan,” ujar Jokowi dikutip dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Dalam bidang pertahanan dan industri strategis, Jokowi memberikan apresiasi kepada Ceko atas partisipasi pada Indo-Defense 2022. 

Kemudian, Jokowi mengundang Ceko pada Indo-Pasific Infrastructure Forum yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2023 mendatang. 

“Kerja sama pertahanan dan industri strategis perlu ditingkatkan melalui antara lain produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur,” kata Jokowi. 

Acara tersebut digelar dalam rangka membangun arsitektur yang inklusif agar stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran dapat di jaga. 

Tak lupa juga, jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati Perdana Menteri Ceko atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Selain itu, Jokowi juga menyampaikan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini.

“Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN–Uni Eropa,” ucap Jokowi.

Halaman
Editor: Adinda Salsa
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar