ADVERTISEMENT

Dishub DKI Berharap Tilang Elektronik Mampu Jadi Tulang Punggung Penindakan Pelanggar Lalu Lintas

Rabu, 14 Desember 2022 09:40 WIB

Share
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. (foto: poskota/aldi)
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo. (foto: poskota/aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta berharap tilang elektronik atau ETLE dapat menjadi tulang punggung untuk menindak para pelanggar hukum di jalan.

"Tentu kami berharap terkait pendekatan aturan secara elektronik jadi tulang punggung kita dalam melakukan penegakan hukum," ujar Kepala Dinaa Perhubungan Syafrin Liputo, Rabu 14 Desember 2022.

Syafrin pun meyakini, dengan tilang elektronik ini dapat mengawasi masyarakat secara terus menerus ketika berkendara di jalan raya.

"Karena dengan pola ini tentu masyarakat akan merasa diawasi secara terus menerus, jika ditempatkan petugas ada waktu terbatas dan kemampuan mereka seiring lamanya di lapangan juga semakim berkurang," katanya.

"Tentu dengan elektronik lebih konsisten, pengawasan komprehensif dan menyeluruh," sambung Syafrin.

Anak buah Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono ini juga mengatakan, bahwa ada tambahan 70 lokasi tilang elektonik di Jakarta. Namun untuk ETLE mobile, pihaknya masih melakukan pembahasan dan berharap dapat diusulkan dalam anggaran perubahan 2023.

"Tahun depan setelah ada pembahasan ternyata mencukupi oleh sebab itu ada tambahan 70 lokasi ETLE. Untuk ETLE Mobile akan kami lakukan pembahasan kembali kami harapkan bisa diusulkan dalam anggaran perubahan 2023 atau masuk dalam apbd murni 2024," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng perusahaan Google untuk menguari kemacetan di Ibu Kota. 

Dalam hal ini, Pemprov DKI Jakarta memanfaatkan teknologi artificial intelligence (AI) untuk melihat data kemacetan di Ibu Kota.

"Jadi saat ini kami sedang melakukan kerja sama di mana ada prinsip pemanfaatan data," kata Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa 13 Desember 2022.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT