ADVERTISEMENT

Usung Seni Tari Tradisional dari Jawa Tengah, Sekar Tanjung Dance Company Akan Pentas di Perpusnas

Sabtu, 10 Desember 2022 00:41 WIB

Share
Sekar Tanjung Dance Company Akan Pentas di Perpusnas. (ist)
Sekar Tanjung Dance Company Akan Pentas di Perpusnas. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Guna melestarikan kesenian dan kebudayaan, Sekar Tanjung Dance Company (STDC) menggelar kegiatan pentas seni tari yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Desember 2022 di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Jalan Medan Merdeka Selatan No.11, Gambir, Jakarta Pusat, pukul 12.30 WIB.

Pertunjukan tersebut akan mengambil tema 'Pentas Tari Tradisional dan Klasik dari Jawa Tengah'.

"Tujuan dari pementasannya adalah penguasaan materi tari oleh setiap anggota kelas tari jawa STDC (Sekar Tanjung Dance Company) yang telah dilatihkan selama 6 bulan sebelumnya. Pentas di panggung lengkap dengan kostum tari. Di dalam pentas ini dihadirkan seorang juri tamu yang akan memberikan nilai untuk penguasaan tari oleh anggota tersebut, dalam hal hafalan, keluwesan, dan penghayatan materi tari," kata Ruri Avianti, General Director STDC, Sabtu (10/12/2022).

Ruri menjelaskan jika STDC akan menampilkan jenis tarian diantaranya Golek Mugirahayu (tarian kelas pemula), Retno Pamudya (tarian kelas pemula), Adaninggar Kelasworo (tarian kelas menengah), Srimpi Mondrorini (tarian kelas lanjutan, Bedhaya Sekar Tanjung (tarian kelas lanjutan), Srimpi Pandelori (tarian kelas lanjutan) dan Tandingan Alus (tarian kelas lanjutan untuk tarian pria).

Komunitas STDC merupakan sekumpulan pecinta seni tari tradisional Indonesia.

"Kami memulainya dengan tarian tradisional jawa tengah. Baru-baru ini kami mengembangkan diri dengan tarian Nusantara, dimulai dengan tarian Betawi. Anggota kami bervariasi mulai dari remaja hingga dewasa, umumnya Wanita. Kegiatan kami seminggu sekali adalah pelatihan materi tari selama 6 bulan, yang kemudian dipentaskan. Setelah itu, berganti dengan materi tarian baru lagi dan seterusnya," tambah Ruri.

STDC juga sering pentas pada acara-acara festival tari, atau misi kebudayaan seni tari baik dalam dan luar negeri, acara resepsi pernikahan, dan berbagai acara yang berkaitan dengan budaya dan seni.

"Kami berharap tarian Indonesia berkembang di kalangan masyarakat Indonesia sendiri. Berbagai jenis tarian Indonesia sangat beragam, indah, dan membanggakan. Sebagian sarat dengan filosofi dan identitas diri sejati bangsa. Layak untuk ditampilkan dan diperkenalkan di mancanegara," papar Ruri.

Sementara itu, Dr. Diana Anggraeni, S.IP, MM, M. I. Kom, anggota Sekar Tanjung Dance Company mengaku senang bisa turut andil dalam pentas seni tersebut.

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila itu berharap acara berjalan dengan sukses.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT