Penuhi Kebutuhan Pangan Bergizi Sayur Segar Didistribusi Korban Gempa Cianjur

Rabu, 7 Desember 2022 14:32 WIB

Share
Foto : Petani mengambil sayur segar kol untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Ist.)
Foto : Petani mengambil sayur segar kol untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Ist.)

JABAR.POSKOTA.CO.ID –  Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) dan Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) distribusikan sayur segar kepada posko-posko pengungsian gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (04/12/2022) kemarin.

Hal tersebut sempat viral di media sosial lantaran korban gempa cianjur mengeluh sembelit lantaran makan mie instan terus ingin makan sayur dan buah. Melihat kebutuhan pangan yang bergizi sangat penting bagi penyintas terdampak bencana gempa bumi. Dompet Dhuafa menginisiasi penyaluran sayur segar kepada penyintas terdampak.

"Dengan kolaborasi dari kawan-kawan LPM, Dompet Dhuafa mampu menjadi penyambung mata rantai yang hilang antara petani dengan masyarakat. Melalui distribusi sayuran segar kepada penyintas ini mampu menjaga kesejahteraan mitra petani sekaligus memberikan asupan pangan yang bergizi bagi penyintas terdampak gempa bumi di Cianjur," terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa dalam keterangannya diterima Rabu (7/12/2022).

Haryo menambahkan, Sayur-sayur tersebut berasal dari mitra-mitra petani kolaborasi Dompet Dhuafa yang berada di Desa Galudra, Kecamatan Cugenang, Cianjur. "Alhamdulillah saya ada pemasukan. Di satu sisi juga bermanfaat untuk saudara-saudara yang terdampak gempa bumi," terang Rahmatullah salah satu mitra petani.

Sebanyak 5 kwintal  sayuran dibagian kepada Dapur Umum dan posko-posko pengungsian.  "Alasan diadakannya distribusi sayur-sayuran yang diinisiasi oleh LPM Dompet Dhuafa adalah untuk memenuhi kebutuhan gizi para pengungsi atau penyintas gempa bumi di Cianjur yang mana mereka sudah cukup lama tinggal di posko pengungsian dengan makanan seadanya, bahkan terlalu sering memakan makanan instan yang tentunya kurang baik bagi kesehatan mereka," terang Feby Saputra selaku Koordinator Lapangan LPM Dompet Dhuafa dalam emergency response gempa bumi Cianjur.

 

Foto : Tim Dompet Dhuafa mengangkut sayuran kol untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat. (Ist.)

Posko-posko penerima manfaat di antaranya: Kampung Warung Seseupan, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang; Kampung Cilebak, Desa Talaga, Kecamatan Cugenang; Kampung Pasirmuncang, Desa Wangunjaya, Kecamatan Cugenang; dan Kampung Garogol, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang serta posko-posko pengungsian lainnya.

"Kami sangat berterima kasih sekali atas bantuan penyaluran sayurannya yang sangat bermanfaat dan berguna bagi kami. Bagi teman-teman yang sudah menyerahkan bantuannya semoga sehat selalu dan dimudahkan rezekinya, serta dilimpahkan pahala yang berlipat-lipat," ujar Hamdan Rasidi selaku Koordinator posko pengungsian di Kampung Pasirmuncang.

Ariyani salah satu penyintas yang mengungsi di Kampung Garogol menuturkan banyak terima kasih. Dengan hadirnya sayur segar mampu bantu ia dan anaknya untuk mendapatkan asupan bergizi.  "Sehari-hari di pengungsian makannya telur, sayur labu dan lain sebagainya. Karena sebelumnya , belum ada penyaluran sayuran segar seperti ini. Ini baru pertama kali, " terang Ariyani salah satu penerima manfaat yang mengungsi di posko Kampung Garogol, Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang. (Ril)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar