Wapres Ma’ruf Amin Semua Semua Instansi Mutlak Dukung Reformasi Birokrasi Tematik

Selasa, 6 Desember 2022 05:13 WIB

Share
Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada acara pencanangan RB Tematik dan peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wapres. (foto: ist)
Wapres Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan pada acara pencanangan RB Tematik dan peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wapres. (foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong penerapan Reformasi Birokrasi (RB) Tematik yang diinisiasi Kementerian PANRB, dan semua instansi mutlak mendukungnya.

"RB Tematik sebagai instrumen untuk mempercepat pencapaian agenda prioritas pemerintah, terutama penanggulangan kemiskinan dan peningkatan investasi," tambah Wapres.

Itu disampaikan Wapres dalam sambutannya pada acara pencanangan RB Tematik dan peresmian 26 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Istana Wapres, Jakarta, Senin  6 Desember 2022.

Hadir dalam acara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dan Menteri Agama Yaqut Cholil Coumas.

Wapres mengatakan, RB Tematik merupakan salah satu strategi yang lahir dengan semangat untuk mempercepat dampak dan hasil capaian reformasi birokrasi.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya canangkan dimulainya pelaksanaan Reformasi Birokrasi Tematik di kementerian, lembaga, dan daerah,” ujar Wapres.

Wapres menyampaikan, reformasi birokrasi bukan sekadar rutinitas, apalagi beban. Tetapi RB justru merupakan kebutuhan atau keharusan, karena menjadi daya ungkit dan akselerator tercapainya tujuan pembangunan nasional. 

"Perubahan di antaranya perlu difokuskan pada penataan dan transformasi organisasi, agar menjadi kian responsif, lebih lincah, serta adaptif dalam melakukan pelayanan publik," terang Wapres.

Selaku Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN), Wapres mengapresiasi gagasan penajaman Reformasi Birokrasi Tematik berbasis prioritas program pembangunan yang diinisiasi oleh Kementerian PANRB. 

Lebih lanjut ditekankan, RB tematik perlu didorong untuk memperkuat peran birokrasi dalam mendukung agenda prioritas nasional, baik agenda penanggulangan kemiskinan, kemudahan investasi, digitalisasi administrasi, maupun program prioritas lainnya. 

Halaman
Reporter: Agus Johara
Editor: Cahyono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar