ADVERTISEMENT

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Punya Toilet Bintang 4 Gold, Dinilai Terbaik oleh ATI

Senin, 5 Desember 2022 11:47 WIB

Share
Toilet di Bandara Internasional Soetta. (Iqbal)
Toilet di Bandara Internasional Soetta. (Iqbal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID -  PT Angkasa Pura II selaku pengelola 20 bandara di Indonesia secara berkelanjutan meningkatkan pelayanan kepada para traveler, termasuk terkait fasilitas sanitasi.

Pada periode Juli - September 2022, AP II bersama Asosiasi Toilet Indonesia melakukan audit terhadap toilet-toilet di bandara AP II, sebagai upaya untuk selalu meningkatkan standar layanan dan fasilitas toilet serta menjaga aspek kesehatan.

Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) sendiri merupakan lembaga non-pemerintah dan non-profit yang memiliki tujuan untuk memberikan transformasi dan edukasi tentang toilet Indonesia yang bersih dan sehat.

Director of Commercial & Services AP II M. Rizal Pahlevi mengatakan audit oleh lembaga independen secara obyektif membantu AP II mengukur keandalan fasilitas umum di bandara.

“Lembaga independen yang berkompeten dapat menilai fasilitas umum di bandara, dan hasil audit menjadi dasar bagi AP II melakukan evaluasi untuk secara berkelanjutan meningkatan pelayanan kepada traveler,” ungkapnya, Senin (5/12/2022).

“Audit toilet oleh ATI dilakukan terhadap 5 aspek, yaitu desain & EMS (environment, management system), cleanliness, amenities & facility, safety/cleaning services, dan user appreciation. Hasil audit sangat berharga bagi kami untuk selalu menjaga dan meningkatkan standar layanan di setiap aspek,” tambahnya.

Berdasarkan audit, lanjut dia, toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mendapat penilaian yang paling tinggi yakni Bintang 4 Gold.

Penilaian Bintang 4 Gold ini mencerminkan fasilitas pada semua area toilet, nursery dan janitor sudah lengkap dan berfungsi baik, perlengkapan (amenities) bagi pengguna sesuai standar, kebersihan yang baik pada semua area, petugas sesuai grooming dan memahami tugas serta penggunaan alat, toilet memiliki estetika desain yang baik, toilet memiliki fasilitas ramah lingkungan, dan pengguna menyampaikan kepuasan tinggi dalam menggunakan toilet.

“Hasil audit oleh ATI menunjukkan toilet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menjadi toilet terbaik dengan predikat Bintang 4 Gold. Hasil audit di bandara-bandara lain rata-rata mendapat Bintang 3 Gold dan Bintang 4 Silver. Toilet di Terminal 3 akan dijadikan rujukan bagi bandara-bandara lain untuk peningkatan layanan sehingga dapat memberikan yang terbaik dalam hal fasilitas sanitasi bagi traveler,” jelasnya.

Toilet bandara yang mendapat penilaian Bintang 3 Gold antara lain Bandara Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultah Mahmud Badaruddin (Palembang), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Sisingamangaraja XII (Silangit), Depati Amir (Pangkalpinang), dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT