Polisi Terjunkan 400 Personil untuk Amankan Demo Tolak RKUHP di Gedung DPR

Senin, 5 Desember 2022 11:41 WIB

Share
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin. (foto: poskota)
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin. (foto: poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebanyak 400 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan aksi demo menolak draf Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) di depan Gedung DPR, Senin 5 Desember 2022.

"Sementara 4 SSK (400 personel) yang akan disiapkan di sana, itu baru dari polisi aja," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Senin.

Komarudin menjelaskan, untuk rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR, masih bersifat situasional. Artinya, tergantung dari kondisi dan kebutuhan di lapangan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan tak ada pola pengamanan khusus dalam mengantisipasi aksi demo hari ini.

"Sementara situasional aja. Pengamanan atau pelayanan dan pengawalan jalannya aksi penyampaian pendapat di muka umum akan sama seperti pengawalan aksi-aksi yang lain," jelasnya.

Diapun berharap agar aksi demonstrasi hari ini berjalan dengan lancar. Aksi penyampaian pendapat yang dilakukan sejumlah elemen itu diharapkan dapat berjalan dengan tertib.

"Harapan tentunya aksi berjalan dengan aman, tertib dan lancar," tuturnya.

Diketahui, dalam agenda yang beredar, aksi demo hari ini digelar oleh Aliansi Nasional Reformasi KUHP.

Aksi digelar lantaran draf RKUHP yang telah dipublikasikan beberapa waktu lalu, dianggap masih memuat sederat pasal bermasalah.

Rencananya, aksi demo ini akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Selain itu, dalam unjuk rasa ini juga akan dilakukan aksi tabur bunga oleh massa pedemo.

Halaman
Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Cahyono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar