Menaker Bakal Hadiri Pertemuan Regional ILO Asia-Pasifik di Singapura

Minggu, 4 Desember 2022 14:40 WIB

Share
Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi. (ist)
Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID  - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah direncanakan bakal menghadiri  The 17th Asia and the Pacific Regional Meeting of ILO (APRM)  di Singapura, pada 6-9 Desember 2022 nanti. 

Tema pertemuan kali ini adalah 'Renewed social justice for a human-centred recovery in Asia, the Pacific and the Arab States' (keadilan sosial yang diperbarui untuk pemulihan yang berpusat pada manusia di Asia, Pasifik, dan Negara-negara Arab) di Singapura, pada 6-9 Desember 2022 nanti. 

Pada pertemuan regional ILO kawasan Asia Pasifik ini, Menaker akan didampingi oleh delegasi tripartite Indonesia. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, dengan Anggota dari Kementerian Luar Negeri, Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa, serta delegasi dari Kelompok Serikat Pekerja/Serikat Buruh, yaitu dari KSPSI dan KSPI, dan Organisasi Pengusaha, dalam hal ini APINDO. 

"Pada APRM ini, Ibu Menaker akan menyampaikan pidato nasional pada sesi sidang pleno untuk merespon tema besar yang tertuang dalam Laporan Direktur Jenderal ILO dan menyampaikan program dan kebijakan yang telah dilakukan oleh Indonesia sejalan dengan prioritas regional untuk mengaktifkan pemulihan yang berpusat pada manusia, " kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, Minggu  (4/12/22).

Dijelaskan Anwar Sanusi, persidangan APRM akan dibuka secara resmi oleh Ibu Presiden Singapura Yang Mulia Halimah Yacob pada, Kamis (7/12/2022) 2022, di Raffles City Convention Center (RCCC). Pembukaan APRM akan dihadiri oleh para Menteri Tenaga Kerja dan unsur tripartit Negara anggota ILO kawasan Asia Pasifik dan Negara Arab.

"Di samping Direktur ILO Kawasan Asia Pasifik, Dirjen ILO juga dipastikan akan turut hadir mengikuti persidangan selama empat hari penuh, " katanya.

Anwar Sanusi menambahkan pertemuan Regional Asia-Pasifik ke-17 ini akan menghasilkan kesepakatan berupa Deklarasi Menteri Tenaga Kerja di Kawasan Asia-Pasifik dan Kawasan Arab. "Diharapkan kesepakatan ini, dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyusun program dan kebijakan di bidang ketenagakerjaan untuk diimplementasikan di tingkat nasional dan regional, " ujarnya.

Disamping menghadiri pertemuan regional ILO kawasan Asia Pasifik ke-17, kata Anwar Sanusi, Menaker Ida Fauziyah juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan Pemerintah Australia dan Singapura, serta menghadiri beberapa resepsi/jamuan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Singapura, Kemnaker Singapura dan Dirjen ILO.(rizal)

 

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar