Puluhan Tahun Buang Limbah BAB ke Got, Warga Cempaka Putih Sumringah Dibangunkan Septic Tank

Jumat, 2 Desember 2022 17:00 WIB

Share
Warga Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat mengaku senang dengan dibangunnya septic tank komunal. (foto: poskota/aldi)
Warga Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat mengaku senang dengan dibangunnya septic tank komunal. (foto: poskota/aldi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Warga Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat mengaku senang dengan dibangunnya septic tank komunal. 

Pasalnya puluhan tahun warga buang air besar (BAB) langsung ke saluran tanpa adanya septic tank.

"Ya jujur saja kita sangat senang warga RW 09 RT 05 Cempaka Putih Barat dibangunkan septic tank komunal. Soalnya di sini warga sudah lebih dari 20 tahun tidak punya septic tank," ucap ketua RW 09, Andi Basri Daeng saat di temui awak media di lokasi pembangunan, Jalan Cempaka 1, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat 2 Desember 2022.

Ia mengatakan, bahwa warga disini sudah lama menantikan pembangunan septic tank lantaran selama ini warga membuang kotoran langsung di saluran air. Terlebih, lanjut Andi, kawasan di sini rumah warga cukup padat sehingga sejumlah rumah tidak ada septic tank. 

"Bisa dilihat, kawasan ini sangat padat sehingga warga di sini tidak ada yang punya septic tank," jelasnya.

Sementara, di tempat yang sama, Plt Lurah Cempaka Putih Barat (CPB) yang juga menjabat sebagai Lurah Rawasari, Arief Biki mengatakan, di wilayah CPB ada sebanyak 13 rumah yang tidak punya septic tank. Warga pun selama ini membuang kotoran langsung ke dalam saluran.

"Hari ini dimulai pembangunan septic tank Open Defecation Free (ODF) yang dilakukan oleh Baznas tingkat kota. Ditargetkan pembangunan rampung pada 29 Desember 2022," kata Arief.

Arief mengungkapkan, pembangunan septic tank dilakukan tepat di jalan Cempaka 1. Nantinya, selama pembangunan jalan akan ditutup dan sosialisasi tentang penutupan jalan sudah dilakukan kepada warga yang biasa melintas. 

"Akses jalan dipastikan ditutup total, roda dua dan empat tidak bisa melintas. Warga kita minta mencari jalur alternatif lainnya," ungkap dia.

Tak hanya itu, pembangunan septic tank ini juga dilakukan di wilayah Rawasari di RT.02 RW.01 dan RT.07 RW.04. Karena disitu terdapat 3 rumah yang tidak memiliki tempat penampungan buangan hajat manusia. 

Halaman
Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar