Di Harlah 1 Abad, Nahdlatul Ulama Luncurkan NU Tech Agar Masyarakat Makin Melek Digital

Jumat, 2 Desember 2022 20:53 WIB

Share
Di Harlah 1 Abad, Ormas Islam Nahdlatul Ulama meluncurkan Program NU Tech (Foto: Poskota)
Di Harlah 1 Abad, Ormas Islam Nahdlatul Ulama meluncurkan Program NU Tech (Foto: Poskota)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sebagai bagian dari rangkaian acara perayaan Harlah 1 Abad, Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan sebuah program “NU Tech”. 

NU Tech merupakan bentuk sinergi bersama dalam perayaan Harlah 1 Abad Nahdatul Ulama (NU) untuk mendorong terwujudnya masyarakat digital dan peningkatan teknologi inovasi bangsa.

NU Tech merupakan salah satu upaya dari Badan Inovasi PBNU mengawali proses transformasi digital NU di abad ke-2 dengan melibatkan lebih dari 1 juta warga NU se Indonesia. 

Dalam rangka menciptakan digital literacy di kalangan santri dan masyarakat pada umumnya, NU Tech memberikan exposure bagi para pemilik ide bisnis kepada dunia start up dan digital guna terciptanya kesempatan kolaboratif bagi NU, BUMN dan private sektor di bidang inovasi digital.

Ketua PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf menjelaskan, teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Oleh karena itu masyarakat harus menjadikan teknologi ini sebagai ruang hidup.

"Kepentingan untuk memiliki kapasitas, akses, bahkan untuk ikut menentukan orientasi dari perkembangan teknologi itu sendiri. Persoalan teknologi ini mau tidak mau akan sampai kepada titik yang kurang lebih kontroversial, atau setidaknya menimbulkan perhatian dan bahkan keprihatinan terkait dengan hal-hal yang jadi haluan dalam nilai-nilai agama. Saya berharap bahwa pengembangan peran yang signifikan oleh NU merupakan gerbang pembuka NU menuju ke abad ke 2, ” ucap Yahya secara daring, Jumat, (2/12/2022).

Lewat Nu Tech, NU mengajak pelajar, santri, mahasiswa, dan keluarga besar NU untuk bergabung mengembangkan diri dan memajukan kapabilitas digital melalui serangkaian kegiatan: Capture

The Flag Competition, Innovation Pitching Competition, Tech Seminar, Digital Learning by Narasi Academy, dan Digital Learning Scholarship.

Pada Capture The Flag Competition, setiap talenta dapat menunjukkan serta mengasah keterampilan digital Cybersecurity melalui penyelesaian challenge kasus di CTF Competition.

Pada Innovation Pitching Competition, talent yang memiliki ide inovasi juga akan memiliki tempat yang mendukung untuk menyampaikan dan melatih keterampilan pitching terhadap ide novasinya. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar