ADVERTISEMENT

Di-endorse Jokowi, Jika Pilpres Dilakukan Hari Ini Prabowo Akan Menang

Jumat, 2 Desember 2022 13:36 WIB

Share
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Suara Politik Publik (SPP), Asrudin Azwar, mengatakan, jika Pilpres diadakan hari ini bisa dipastikan Prabowo Subianto akan menang. 

"Hemat saya, ada tiga faktor yang bisa dianalisis mengapa Prabowo bisa tak terkalahkan dan menang," kata Direktur Eksekutif SPP Asrudin Azwar, Jumat 2 November 2022.

Pertama, kata Asrudin Azwar, Prabowo diuntungkan telah mendapat endorse dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kita tahu bahwa dalam beberapa kesempatan Jokowi telah memberi sinyal untuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden 2024.

Saat menghadiri pembukaan pameran Indo Defence 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Rabu 2 November 2022, Jokowi menyatakan memberi restu agar bekas rivalnya itu ikut Pilpres 2024. 

"Ia dengan tegas menyatakan mendukung Prabowo. Lima hari kemudian, Saat menghadiri HUT ke-8 Partai Perindo pada Senin, 7 November 2022, Jokowi juga menegaskan kembali pernyataannya bahwa 2024 adalah jatahnya Pak Prabowo," ucapnya.

Mungkin ada yang berkata bahwa ucapan Jokowi itu hanya basa-basi politik saja. Namun, perlu diingat Jokowi adalah seorang presiden. Ia seorang figur politik yang memiliki magnet politik publik.

Setiap pernyataan yang dilontarkannya akan dipersepsikan oleh publik sebagai sebuah kebenaran politik. Karenanya tak heran jika kebenaran politik mengenai dukungan Jokowi tersebut telah membuat Prabowo memuncaki piramida elektabilitas Capres.

"Kedua, publik ingin memberikan kesempatan pada Prabowo. Kita tahu bahwa Prabowo sudah tiga kali berkesempatan mengikuti kontestasi Pilpres: Sekali sebagai calon wakil presiden bersama Megawati Soekarnoputri (2009), dan dua kali sebagai capres (2014 & 2019). Dengan modalitas politik ini, memori politik public tentu saja akan tertuju pada Prabowo. Kegigihan politik Prabowo berkontestasi rupanya telah merangsang ingatan publik dan oleh karenanya publik ingin memberikan kesempatan kepada Prabowo memimpin bangsa ini," ucapnya.

Ketiga, bebernya, Prabowo sudah fix dicalonkan partainya sendiri, Gerindra, sejak Agustus 2022 lalu. Dengan start lebih dahulu, Gerindra diuntungkan secara politik karena bisa lebih cepat melakukan political socialization untuk memengaruhi suara politik publik agar mendukung Prabowo.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT