Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Tambah 10 Unit Bus Pink Khusus Wanita

Kamis, 1 Desember 2022 11:19 WIB

Share
Bus pink Transjakarta, khusus penumpang wanita.(poskota)
Bus pink Transjakarta, khusus penumpang wanita.(poskota)

Cegah Pelecehan Seksual, Transjakarta Tambah 10 Unit Bus Pink Khusus Wanita

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - PT Transportasi Jakarta (Tansjakarta) melakukan penambahan sebanyak 10 unit bus pink yang diperuntukan secara khusus bagi pelanggan wanita yang akan berawal pada minggu ini.

Hal tersebut dilakukan Transjakarta karena dianggap sangat efektif dalam melayani masyarakat dan mengurangi pelecehan seksual yang kerap terjadi di Transportasi umum.

"Penyediaan bus pink diharapkan dapat mengurangi resiko pelecehan seksual. Ini merupakan tambahan dari 10 bus pink yang telah beroperasi sebelumnya. Penambahan unit-unit lainnya secara bertahap." ujar Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Selain penyediaan bus pink, usaha lain untuk mencegah pelecehan seksual Transjakarta juga memfasilitasi kamera yang telah terpasang di halte dan Bus.

Disamping itu, PT Transjakarta juga menaruh petugas di bus dan halte yang disediakan Transjakarta.

Kemudian Transjakarta juga mengimbau kepada masyarakat jika terdapat kejadian yang merugikan untuk segera melakukan pelaporan kepada petugas yang aktif selama 24 jam.

Lanjut, Anang juga mengatakan, Bus pink kali ini hadir dengan desain terbaru yang meng kenyamanan bermobilitas untuk seluruh pelanggan wanita dari berbagai kalangan. 

Sebagai informasi, Bus pink melayani masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00 - 21.00 WIB dengan tarif regular Rp3.500.

Bus pink sendiri pertama kali diluncurkan bertepatan dengan hari Kartini pada 21 April 2016 lalu. Bus pink beroperasi di Koridor 6 (Ragunan - Dukuh Atas), Koridor 9 (Pinang Ranti - Pluit) dan Rute Puribeta - Dukuh Atas (13C). (Aldi)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar