HUT PGRI, Guru di Kecamatan Pagedangan Diskrining Penyakit Tidak Menular

Selasa, 29 November 2022 18:52 WIB

Share
Guru di Kecamatan Pagedangan lakukan skrining PTM. (foto: poskota/veronica)
Guru di Kecamatan Pagedangan lakukan skrining PTM. (foto: poskota/veronica)

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pagedangan bersama PGRI Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang menggelar skrining penyakit tidak menular (PTM) bagi guru dan warga. 

Skrining tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-77. Selain itu, ini juga untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman pentingnya deteksi dini PTM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pemerhati Pendidikan, Intan Nurul Hikmah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Syaifullah, Camat Pagedangan A Zaenudin, ketua PGRI Enoh Maulina, dan Kepala Puskesmas Pagedangan dr. E. Riris Anita Tarihoran

"Skrining PTM dilakukan di Gedung PGRI Pagedangan. Pemeriksaan yang dilakukan petugas, meliputi pemeriksaan antropometri (berat badan, tinggi badan dan lingkar perut) untuk melihat obesitas," katanya, Selasa 29 November 2022.

Selain itu, ada Pemeriksaan Lab meliputi Pemeriksaan gula darah sewaktu untuk deteksi dini penyakit diabetes melitus, asam urat dan kolesterol, serta Pemeriksaan IVA untuk deteksi dini penyakit kanker leher Rahim

"Nanti data hasil skrining kesehatan tersebut akan disampaikan hasilnya melalui aplikasi ASIK," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap kesehatan masyarakat dan guru khususnya akan terpantau sejak dini, sehingga antisipasi terhadap penyakit tidak menular bisa segera diantisipasi karena penyakit itu muncul disebabkan gaya hidup yang kurang sehat. (veronica) 

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Cahyono
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar