Dukung Sail Tidore 2022, TNI Al Berikan Pengetahuan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan Serta Baksos

Sabtu, 26 November 2022 16:19 WIB

Share
 TNI AL menggelar Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya dalam terkait Sail Tidore 2022 di Kota Tidore, Rabu (23/11). (*foto: ist)
 TNI AL menggelar Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya dalam terkait Sail Tidore 2022 di Kota Tidore, Rabu (23/11). (*foto: ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - TNI Angkatan Laut menggelar Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya dalam rangkaian kegiatan Sail Tidore Tahun 2022 bertempat di Pendopo Open Space, Kota Tidore, Rabu (23/11).

Dalam mendukung Sail Tidore 2022 ini TNI Al memberikan penyuluhan dan pembagian bahan kontak serta mengadakan bakti sosial (baksos) pengobatan massal bertempat di KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 yang berlangsung mulai tanggal 24 hingga 26 November mendatang.

Juga, TNI AL memberikan penyuluhan mengenai pengetahuan bela negara, Wawasan Kebangsaan, Hukum, Bahaya Narkoba dan Kesehatan, terhadap 400 orang peserta.

Serta dilaksanakan pula pembagian bahan kontak berupa sembako secara simbolis kepada masyarakat yang disambut masyarakat dengan sangat antusias dan menyambut baik kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh prajurit TNI AL di wilayah mereka.

Sementara itu, kegiatan Bakti Kesehatan yang dilaksanakan di KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991, TNI AL berkolaborasi dengan Dinkes Kota Tidore dan RSUD Kota Tidore  dengan memberikan pengobatan umum, pengobatan gigi, operasi katarak, operasi major, operasi bibir sumbing, pelayanan Keluarga Berencana Metode Operasi Wanita (MOW), Metode Operasi Pria (MOP), kebidanan (Obsgyn), donor darah dan khitan/bedah minor.

Di samping itu pula dilaksanakan Karya Bakti dengan sasaran fisik adalah dengan melakukan renovasi tempat ibadah masjid, gereja, pura dan fasilitas umum (posyandu).

Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksma TNI Suradi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari pembinaan potensi maritim (Binpotmar) TNI AL.

“Penyelenggaraan kegiatan Bakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya (SBJ) yang dilaksanakan pada bulan November 2022 melibatkan Satkowil (Satuan Komando Wilayah), instansi pemerintah daerah dan stakeholder terkait merupakan implementasi dari tugas TNI AL dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dan mendukung program pemerintah dalam melaksanakan percepatan pembangunan serta meningkatkan taraf kesehatan dan perekonomian masyarakat khususnya di wilayah Tidore Kepulauan dan Halmahera Utara provinsi Maluku Utara,” ujarnya.

Kegiatan SBJ merupakan wujud kepedulian TNI AL terhadap kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan sebagai implementasi instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo  Margono yang disampaikan kepada jajarannya agar kehadiran TNI AL dimanapun berada dapat memberikan manfaat kepada masyarakat disekelilingnya. (*/win)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar