Puluhan Penyuluh Agama dan Penghulu Kemenag Ikuti Pembekalan Tim Trauma Healing Penyintas Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 12:36 WIB

Share
Foto : Suasana bangunan rumah warga pasca gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. (Ist.)
Foto : Suasana bangunan rumah warga pasca gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. (Ist.)

JABAR, POSKOTA.CO.ID - Puluhan Penyuluh Agama Islam dan Penghulu mengikuti pembekalan tim trauma healing di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Rabu (23/11/22) kemarin. Pasca akibat gempa bumi mengguncang wilayah sekitar.

Hadir sebagai narasumber, Kasubdit Bina Keluarga Sakinah Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam, Agus Suryo Suripto. 

"Ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi saya yakin ini perkerjaan yang mulia. Bapak dan ibu akan memberikan trauma healing kepada para penyintas, padahal pada waktu yang sama, bapak dan ibu semuanya adalah penyintas," ungkap Suryo dalam siaran pers diterima Kamis (24/11/2022).

Hadir mendampingi Suryo, Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Cianjur, Hamdan. Selain Suryo, hadir dua pembicara yang merupakan psikolog, Sugeng Widodo dan Nurmey Nurmey Nurulchaq.

Suryo menambahkan, pendampingan trauma healing gempa Cianjur dilaksanakan pada Senin (28/11/22) esok. Hingga saat ini, katanya, timnya fokus melaksanakan mapping dan membantu distribusi bantuan darurat bekerja sama dengan BAZNAS dan lembaga terkait lainnya.

Suryo menegaskan, pelibatan Penghulu dan Penyuluh Agama Islam sebagai tim trauma healing merupakan langkah tepat. Pasalnya, keduanya merupakan pihak yang dekat dengan masyarakat.

"Selain merasakan situasi dan perasaan yang sama, bapak dan ibu juga memahami lokasi dan karakter masyarakat secara baik. Insyaallah masyarakat akan mudah menerima materi yang disampaikan dan membantu mereka lepas dari kesedihan serta trauma," pungkasnya.

Foto : Puluhan Penyuluh Agama Islam dan Penghulu mengikuti pembekalan tim trauma healing di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Ist.)

Sebagai informasi, gempa skala 5,6 SR mengguncang Cianjur pada Senin (21/11/22). Selain memberikan bantuan perbaikan masjid dan gedung KUA, Kemenag juga akan memberikan layanan trauma healing bagi penyintas gempa. (Adv)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar