ADVERTISEMENT

PSI Nilai Tindakan Pemkot Depok Hentikan Belajar di SDN Pondok Cina 1 Sebagai Pelanggaran serius

Rabu, 23 November 2022 15:55 WIB

Share
Juru Bicara PSI, Sigit Widodo. (foto: ist)
Juru Bicara PSI, Sigit Widodo. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai Solidaritas Indonesia atau PSI mendesak Pemkot Depok untuk secepatnya memulihkan kegiatan belajar di SDN Pondok Cina 1 seperti sebelum 7 November 2022.

Demikian disampaikan Juru Bicara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Sigit Widodo, Rabu (23/11/2022).

PSI menilai tindakan Pemkot Depok menghentikan kegiatan belajar di SDN Pondok Cina 1 hampir tiga minggu sebagai pelanggaran serius pada hak dasar anak untuk mendapatkan pendidikan, maka secepatnya harus dipulihkan.

“Ini pelanggaran terang-benderang pada Undang-undang Dasar kita, Undang-undang HAM, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, hingga Undang-undang Perlindungan Anak,” tegas Sigit.

PSI merujuk pada rekomendasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk segera mengembalikan kegiatan belajar di SDN Pondok Cina 1 dan rekomendasi DPRD Kota Depok untuk tidak memecah siswa sekolah itu ke dua sekolah berbeda.

“Selain melanggar semua aturan, Pemkot Depok juga tidak mengindahkan rekomendasi dari KPAI dan DPRD. Walikota Depok bertindak seperti rezim otoriter di tengah masyarakat demokratis,” kata Sigit.

Masih menurut Sigit, kondisi siswa di SDN Pondok Cina 1 saat ini sangat memprihatinkan. “Pengajaran sangat tergantung pada orangtua murid dan relawan yang menjadi guru sementara karena Dinas Pendidikan Kota Depok melarang guru-guru hadir di sana,” ungkap Sigit.

“Selain itu Pemkot Depok juga menghentikan semua fasilitas seperti listrik, akses internet, hingga layanan kebersihan. Anak-anak kita harus belajar dengan kondisi darurat seperti sedang perang,” tambahnya lagi.

PSI juga mencatat adanya indikasi penyalahgunaan kekuasaan oleh Pemkot Depok. “Ada laporan mutasi kepala sekolah hingga lurah yang menolak penutupan SDN Pondok Cina 1. Perlu ada penyelidikan lebih lanjut tentang ini,” ujar Sigit.

PSI berharap kegiatan belajar di SDN Pondok Cina 1 bisa segera dipulihkan karena tidak sampai dua Minggu lagi siswa-siswa harus menghadapi ujian semester.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Winoto
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT