ADVERTISEMENT

Beri Proteksi Penting, Ketahui Lebih Dekat tentang Asuransi Perjalanan dan Sederet Manfaatnya

Rabu, 23 November 2022 11:47 WIB

Share
Asuransi perjalanan penting bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. (poskota/fernando toga)
Asuransi perjalanan penting bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan, baik di dalam negeri ataupun luar negeri. (poskota/fernando toga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADA banyak sekali jenis produk asuransi yang bisa diajukan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu di antaranya adalah asuransi perjalanan yang mana manfaat perlindungannya amat penting didapatkan saat seseorang bepergian atau berlibur. Sesuai namanya, asuransi perjalanan adalah produk keuangan yang perlu diajukan saat seseorang berencana melakukan perjalanan, baik itu untuk keperluan pekerjaan, bisnis, ataupun sekadar liburan.

Secara umum, yang dimaksud dengan asuransi adalah sebuah perjanjian atau kontrak antara dua pihak maupun lebih. Pada perjanjian tersebut disebutkan jika pihak tertanggung bakal membayar sejumlah iuran, premi, atau kontribusi agar bisa mendapat jaminan ganti rugi terhadap risiko kerugian, kehilangan, sampai kerusakan yang dapat terjadi karena kejadian tak terduga. 

Dalam kata lain, produk asuransi pada dasarnya tak dapat menghilangkan risiko masalah yang mungkin terjadi pada masa depan. Namun, produk keuangan tersebut berguna untuk menekan dampak kerugian dari peristiwa tersebut, baik dalam skala yang kecil ataupun besar.

Pengertian tersebut tentu berlaku pula pada asuransi perjalanan, hanya saja dalam konteks yang lebih khusus. Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu asuransi perjalanan dan manfaatnya, simak penjelasan berikut ini.

1.    Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Seperti yang telah dijelaskan sedikit sebelumnya, produk asuransi memiliki sederet jenis dengan manfaat perlindungan berbeda-beda. Masyarakat bisa mencari tahu tentang keuntungan yang ditawarkan oleh setiap produk asuransi dan mengajukan layanan sesuai dengan kebutuhannya.

Salah satu contoh produk asuransi yang penting dipertimbangkan untuk diajukan adalah asuransi perjalanan. Sesuai namanya, asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang mampu memberikan perlindungan dan proteksi kepada pemiliknya dari berbagai macam risiko yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan. 

Beberapa contoh manfaat proteksi yang diberikan oleh produk asuransi perjalanan ini adalah ganti rugi terhadap risiko kerusakan atau kehilangan bagasi, pembatalan atau penundaan keberangkatan, kecelakaan atau sakit selama di perjalanan, dan lain sebagainya. Tentunya, sederet manfaat perlindungan dari asuransi perjalanan tersebut bisa didapatkan dengan membayar premi atau iuran dengan nominal tertentu sesuai ketentuan pada polis.

Mengetahui hal tersebut, proteksi dari asuransi perjalanan ini tentu sangat penting untuk didapatkan bagi Anda yang berencana melakukan perjalanan, baik itu di dalam negeri ataupun luar negeri. Di samping itu, kepemilikan travel insurance ini juga menjadi hal yang wajib jika Anda berencana untuk berkunjung ke suatu negara tertentu. Alasannya karena asuransi perjalanan kerap menjadi satu di antara beragam dokumen persyaratan yang wajib disiapkan ketika akan membuat atau mengajukan visa.

2.    Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT