Program FIFA Bantu Siswa Jadi Bintang Sepak Bola

Senin, 21 November 2022 07:00 WIB

Share
Program FIFA guna memberikan pelatihan yang berkualitas di Abidjan Pantai Gading.
Program FIFA guna memberikan pelatihan yang berkualitas di Abidjan Pantai Gading.

PANTAI GADING, POSKOTA.CO.ID - Badan sepak bola dunia FIFA telah meluncurkan program sepak bola di Pantai Gading.

Program tersebut dinamai ”Sepak bola untuk Sekolah” (Football for Schools) atau ”F4S”.

Ini adalah prakarsa untuk mengajari para guru olah raga teknik-teknik melatih sepak bola yang tepat.

Program ini bertujuan membantu mengembangkan pemain berbakat setingkat profesional di negara di mana sepak bola menjadi permainan sehari-hari.

Generasi para bintang sepak bola mendatang mendapatkan pelatihan di bawah program bersama badan sepak bola dunia FIFA dan organisasi pendidikan PBB UNESCO.

Setiap operan dan tendangan sudut yang dilakukan para siswa di ibu kota ekonomi Pantai Gading, Abidjan, berlangsung di bawah pengawasan cermat para pelatih dari FIFA.

Pantai Gading adalah negara pertama di kawasan Afrika Barat dan yang kelima di benua itu yang bergabung dengan program ”F4S”.

Program ini diluncurkan pada 2019 dan proyek percontohannya dilakukan di Puerto Rico dan Lebanon. Program ini menggabungkan berbagai kegiatan terkait sepak bola dengan sistem pendidikan.

Ketua Federasi Sepak Bola Pemuda Pantai Gading Abdoulaye Diabate mengatakan program itu penting karena ada kecenderungan anak-anak meninggalkan sekolah untuk menekuni sepak bola.

"Orang tua melihat keuntungan finansial dari sepak bola. Jadi bagi anak yang tidak begitu brilian di sekolah atau yang tidak ingin bersekolah akan bagus bila dia didorong untuk menekuni jalur sepak bola. Tetapi ini bukan jaminan. Satu-satunya yang menjamin adalah bersekolah,” jelas Abdoulaye Diabate seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (19/11/2022).

Halaman
Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar