ADVERTISEMENT

Kerap Berubah-ubah, Kuasa Hukum AKBP Doddy Sebut Keterangan Irjen Teddy Minahasa Sulit Dipercaya

Senin, 21 November 2022 19:20 WIB

Share
Irjen Teddy Minahasa ditahan di Rutan Mapolda Metro Jaya.(Foto: Andi Adam Faturahman)
Irjen Teddy Minahasa ditahan di Rutan Mapolda Metro Jaya.(Foto: Andi Adam Faturahman)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Kuasa hukum AKBP Doddy Prawiranegara Cs, yakni Adriel Viari Purba menyebutkan bahwa Tim Kuasa hukum Irjen Teddy Minahasa (TM) sulit untuk dapat dipercayai dengan kerap berubah-ubah keterangannya.

Menurut Adriel, keterangan Tim Kuasa hukum Irjen Teddy Minahasa soal barang bukti sabu seberat 5 kilogram adalah hal yang keliru dan tidak konsisten.

Terlebih, lanjut dia, keterangan Irjen Teddy Minahasa melalui Kuasa hukumnya berubah-ubah dan saling bertentangan satu dengan lainnya.

"Pernyataan Teddy yang berubah-ubah itu misalnya, diungkap mantan pengacaranya Henry Yosodiningrat yang mengatakan, penyisihan barang bukti narkoba merupakan hal lazim. Dan, penyisihan 5 kilogram itu dimaksudkan untuk operasi under cover dalam rangka menjebak Linda," ujar Adriel dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

Sementara, tambah Adriel, pengacara Irjen Teddy Minahasa yang saat ini yakni Hotman Paris menyebutkan,  barang bukti sabu 5 kilogram yang dianggap diedarkan itu masih ada dan utuh disimpan kejaksaan sebagai bukti dalam persidangan terdakwa yang ada di Bukittinggi.

"Keterangan Teddy lewat kedua pengacara ini berbeda-beda, sehingga sulit untuk dipercayai kebenarannya," kata Adriel.

Sedangkan keterangan kliennya, tambah dia, justru saling berkesesuaian antara satu dengan yang lainnya. Bahkan, semua proses yang melibatkan kliennya dalam perkara ini disebut terjadi atas perintah Irjen Teddy Minahasa yang ketika itu menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Dia memaparkan, sebagaimana yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), keterangan kliennya yakni AKBP Doddy, Linda, serta Arif sama dengan mengatakan bergerak untuk menyisihkan dan menjual sabu 5 kilogram karena sama-sama mendapat perintah dari Teddy.

Bahkan, ucapnya, komunikasi antara Irjen Teddy Minahasa kepada Doddy soal perintah penyisihan sabu 5 kilogram itu berlangsung hingga sekitar sebulan, sejak kasus pengungkapan kasus narkoba yang dibongkar Polres Bukittinggi pada 14-15 Mei 2022 lalu.

"Sesuai keterangan Doddy di BAP, klien saya melaporkan pengungkapan kasus narkoba sekitar 39,5 kilogram (berat bersih). Namun, dalam komunikasi itu, Teddy justru meminta mengubah berat barbuk menjadi 41,4 kg (berat kotor). Dan berat kotor ini yang dirilis ke publik,” tutur Adriel.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT