ADVERTISEMENT

Heru Budi Hartono Buka Suara terkait Isu Dihentikannya Pembangunan Jalur Sepeda di Jakarta

Minggu, 20 November 2022 18:42 WIB

Share
Jalur sepeda di Jakarta. (foto: poskota)
Jalur sepeda di Jakarta. (foto: poskota)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Beredar isu pembangunan jalur sepeda di Jakarta bakal dibekukan pada tahun 2023 mendatang. Namun hal ini di bantah Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Menurutnya, Pemerintah DKI sudah menganggarkan duit sekitar Rp7,5 miliar untuk program jalur sepeda dengan rincian optimalisasi, evaluasi dan sosialisasi jalur sepeda.

"Bukan pembekuan, kami juga kemarin (Jumat, 18/11/2022) sudah terima teman-teman (komunitas sepeda Bike to Work dan ITDP)," ujar Heru Budi kepada awak media susai acara Electric Vehicle Funday di Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Minggu 20 November 2022.

Mantan Walikota Jakarta Utara ini juga mengatakan, bahwa pertemuan tersebut turut membahas tentang evaluasi jalur sepeda guna mendapat titik yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengendara sepeda. 

Terutama, lanjut Heru Budi, di waktu sibuk seperti pagi dan sore hari demi mobilitas masyarakat untuk bekerja maupun pulang ke rumah.

"Tahun ini kan kami sudah membangun cukup jauh sepanjang 256 kilometer," ucap Heru Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) pada Kementerian Sekretariat Negara ini.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyatakan komitmennya untuk mewujudkan Ibu Kota menjadi daerah ramah sepeda. Karena itu, pemerintah daerah akan terus melanjutkan pembangunan jalur sepeda meski anggarannya dipangkas DPRD DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya bersama DPRD DKI Jakarta akan mengalokasikan anggaran untuk evaluasi dan optimalisasi jalur sepeda sebesar Rp 7,5 miliar untuk tahun 2023. 

Kemudian, dikatakan Heru Budi, salah satu aspek evaluasi terhadap jalur sepeda di Jakarta adalah aspek atau prinsip keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

"Tahun ini ada tambahan sebanyak 196 kilometer jalur sepeda dibangun. Sebelumnya sudah ada 103 km, artinya ada sekitar 301 km jalur sepeda yang akan terbangun sampai dengan akhir tahun 2022," kata Syafrin. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT