Presiden China Xi Jinping Tegur PM Kanada Akibat Bocorkan Detail Pertemuan ke Media

Kamis, 17 November 2022 18:43 WIB

Share
Percakapan Presiden China Xi Jinping dengan PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Twitter/@AdityaRajKaul)
Percakapan Presiden China Xi Jinping dengan PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Twitter/@AdityaRajKaul)

BALI, POSKOTA.CO.ID - Presiden China Xi Jinping terekam tengah menegur Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau diduga akibat membocorkan detail pertemuan ke media. Momen itu terekam saat keduanya hadir di KTT G20 di Bali. 

Dilansir dari BBC pada Kamis (17/11/2022), Presiden Xi Jinping mengatakan pada PM Kanada melalui seorang penerjemah bahwa tindakannya tidak pantas, serta menyebut ia kurang “ketulusan”.

Xi Jinping kemungkinan merujuk pada laporan bahwa Justin Trudeau membahas dugaan spionase dan campur tangan China dalam pemilihan Kanada saat duduk di pembicaraan tersbeut. 

 

Adapun pembicaraan antara dua pemimpin negara itu merupakan yang pertama dalam beberapa tahun, dan dilakukan secara tertutup.

Dalam sebuah rekaman yang difilmkan oleh wartawan pada KTT G20 yang diadakan kemarin, Xi Jinping dan Justin Trudeau terlihat berdiri berdekatan. Keduanya saling bercakap melalui seorang penerjemah.

"Semua yang kami diskusikan telah bocor ke surat kabar dan itu tidak pantas," kata pemimpin China itu kepada Trudeau dalam bahasa Mandarin.

Wawancara ini menangkap momen jujur Presiden Xi Jinping yang langka, yang biasanya dilinduungi dengan hati-hati oleh pemerintah China.

Menanggapi hal tersebut, PM Kanada tersenyum dan menanggukkan kepala. Ia juga menanggapi teguran dari Presiden China tersebut.

 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar