ADVERTISEMENT

Jadi Korban Penipuan, Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Utang Pinjol Total Pinjaman Rp2,1 Miliar 

Selasa, 15 November 2022 18:08 WIB

Share
Gedung IPB. (Ist)
Gedung IPB. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID - Polresta Bogor Kota ungkap, korban Pinjaman Online (Pinjol) yang menyeret ratusan mahasiswa mencapai jumlah total Rp. 2,1 miliar, Selasa (15/11/2022).

Plt Kapolresta Bogor Kota, AKBP Ferdy Irawan mengatakan, terkait dengan masalah perkembangan laporan pinjol ini, rata-rata pelapor atau pun korban berasal dari mahasiswa IPB yang mengalami tindak pidana penipuan. 

"Ini dapat saya jelaskan, sampai dengan hari ini Polresta Bogor Kota sudah menerima dua laporan polisi. Jadi sudah bentuk laporan polisi ada dua LP. Kemudian dalam bentuk laporan pengaduan ada 29 laporan pengaduan," ungkapnya kepada wartawan. 

Berdasarkan pemeriksaan dari para pelapor, kata Ferdy, diketahui jumlah korban yang sudah berhasil didata mencapai 311 orang. 

"Dan itu sebagian besar itu berasal dari mahasiswa IPB. Tidak semua, tapi sebagian besar, untuk terlapornya sendiri berinisial SAN," ujarnya. 

Adapun total uang dari keseluruhan peminjam yang telah terdata, mencapai angka sebesar Rp. 2,1 miliar.

Ferdy mengungkap, modus yang sebenarnya terjadi adalah adanya kerjasama antara korban dengan terlapor yang mana pada awalnya tidak terkait dengan pinjol.

"Terlapor menawarkan kerjasama secara online dengan cara bagi hasil dijanjikan 10 persen. Tetapi syarat yang disampaikan oleh terlapor ini bahwa para para korban harus mengajukan pinjaman online. Ada lima pinjol yang terdata," paparnya.

Kemudian hasil daripada pinjaman online tersebut, sambung Ferdy, dikirimkan para korban kepada terlapor SAN ini. 

"Dengan iming-iming (dari SAN) akan dibayarkan 10 persen dari bagi hasil keuntungan," terangnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT