ADVERTISEMENT

Bela Negara, Ini Pentingnya Resimen Mahasiswa Ikut Pendidikan Dasar Militer

Senin, 14 November 2022 16:13 WIB

Share
Kodam Jaya membuka kegiatan Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke 2 Tahun 2022.(ist)
Kodam Jaya membuka kegiatan Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke 2 Tahun 2022.(ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Komandan Bela Negara (Danbelneg) Kodam Jayakarta Letkol Inf Aji Santoso mewakili Komandan Rindam Jaya Jayakarta Kolonel Inf Ayub Akbar  membuka kegiatan Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke 2 Tahun 2022.

Kegiatan itu dilakukan selama sepekan di Lapangan Rindam Jaya,  Pasar Rebo, Jakarta Timur yang dimulai pada tanggal 14 sampai 20 November 2022. 

Jumlah peserta sebanyak 200 orang dari 21 perguruan tinggi yang terdiri dari Skomenwa Jayakarta, Skomenwa Maharatan (Lampung), dan Skomenwa Mahakarta (DI Yogyakarta).

"Tujuan dari pendidikan ini adalah membentuk sikap, mental dan perilaku serta berjiwa Pancasila, memiliki keterampilan, serta memiliki kesegaran jasmani yang prima," kata Aji Santoso saat membacakan pidato sambutan, Senin (14/11/2022).

Aji menekankan bahwa pendidikan dasar militer resimen mahasiswa ini sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara.

"Untuk itu, peserta diklat sebagai kader bangsa, diharapkan mampu berperan aktif meningkatkan kedisiplinan, rasa nasionalisme, guna terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa yang kuat," kata Aji.

Di samping itu, lanjut Aji, pendidikan dasar militer resimen mahasiswa ini harus mampu menjembatani aspirasi yang berkembang di masyarakat dan dapat mewujudkan suasana kehidupan yang kondusif serta memberikan kontribusi dalam menumbuh- kembangkan cita-cita untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Berdasarkan acuan tersebut, maka keberadaan saudara sebagai Resimen Mahasiswa Jayakarta diharap-kan mampu menyumbangkan konsep, ide, gagasan dan pemikiran serta inovasi untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Aji.

Turut hadir Danmenwa Jayakarta Raden Umar, Wadanmenwa Jayakarta Emanuel Mikael Kota, Asspam Konas Menwa Indonesia Farasil Syarief, IARMI DKI Jakarta M. Rizal, jajaran staf Skomenwa Jayakarta, jajaran pelatih Rindam Jaya Jayakarta. 

Serta Komandan Bela Negara Kodam Jayakarta Letkol Inf Aji Santoso yang mewakili Komandan Rindam Jaya Jayakarta Kolonel Inf Ayub Akbar  membuka kegiatan Pendidikan Dasar Militer Resimen Mahasiswa Jayakarta Gelombang ke-2 Tahun 2022. 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT