ADVERTISEMENT

Berharap Jadi Bagian dari Solusi, Jokowi Ungkap 3 Usulan Tingkatkan Kemitraan Strategis ASEAN-AS

Minggu, 13 November 2022 12:17 WIB

Share
Jokowi ungkap 3 usulan tingkatkan kemitraan strategis ASEAN-AS. (Instagram/@jokowi)
Jokowi ungkap 3 usulan tingkatkan kemitraan strategis ASEAN-AS. (Instagram/@jokowi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) barharap Kemitraan Komprehensif Strategis ASEAN-Amerika Serikat (AS) bisa menjadi bagian dari solusi menghadapi situasi dunia.

“Kemitraan ini diluncurkan di saat dunia sedang hadapi tantangan yang luar biasa. Saya ingin membacakan ringkasan ASEAN Common Sense, di mana kemitraan ASEAN-AS dapat berkontribusi menjadi bagian dari solusi,” ujar Jokowi dikutip dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Pada pertemuan di Hotel Sokha, Phnom Penh, Sabtu (12/11/2022), Jokowi mengungkapkan tiga usulan untuk meningkatkan Kemitraan Komprehensif Strategis ASEAN-Amerika Serikat (AS).

Pada usulan pertama, Jokowi mendorong perwujudan kemitraan bagi perdamaian dan stabilitas kawasan.

Menurutnya, ASEAN menginginkan kehadiran Amerika Serikat (AS) di kawasan membawa energi yang positif bagi perdamaian.

“Dukungan AS terhadap sentralitas ASEAN juga harus diterjemahkan dalam aksi nyata khususnya peran ASEAN sebagai agenda-setter dinamika di kawasan dan pembentukan arsitektur kawasan yang inklusif,” ucapnya.

Kedua, membangun kemitraan untuk ketahanan kawasan dan global. Selain itu, sinergi kebijakan juga harus didorong untuk memastikan stabilitas sistem keuangan, dukungan likuiditas, dan efektivitas kebijakan ekonomi.

“Upaya membangun ketahanan pangan juga harus menjadi prioritas utama. Saya harap ASEAN dan AS dapat bekerja sama dalam peningkatan kapasitas produksi pangan, pengembangan bibit unggul, pemanfaatan teknologi pertanian, dan penguatan strategi ketahanan pangan di kawasan,” jelasnya.

Ketiga, Jokowi menyampaikan untuk menciptakan kemitraan untuk masa deoan berkelanjutan. 

Jokowi juga mengatakan bahwa ASEAN berkomitmen kuat mewujudkan masa depan berkelanjutan. Sebagai contoh, ASEAN akan meningkatkan penggunaan energi terbarukan hingga 23% pada 2025.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Adinda Salsa
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT