Jokowi Bertolak ke Kamboja, Hadiri KTT ASEAN

Rabu, 9 November 2022 22:11 WIB

Share
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana. (Instagram/@jokowi)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi bertolak menuju Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya pada 10-13 November 2022.

Dilansir dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Jokowi bersama rombongan menuju Phnom Penh menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (9/11/2022).

"Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41, serta KTT terkait lainnya hingga tanggal 13 November 2022. Jumlah pertemuan yang harus saya hadiri cukup banyak, yaitu lebih dari 20 pertemuan,” ujar Jokowi sebelum lepas landas.

Jokowi menjelaskan bahwa salah satu fokus Indonesia dalam KTT ASEAN mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan.

Menurutnya, pada keketuaan ASEAN tahun 2023, Indonesia akan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”.

Jokowi menyatakan Indonesia ingin ASEAN tetap penting dan relevan meski hal tersebut bukan tugas yang mudah karena tantangan dunia masih sangat besar di tahun 2023. 

“Intinya Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth," lanjutnya.

Setelah menjalani rangkaian pertemuan KTT di Phnom Penh, Jokowi beserta Ibu Iriana diketahui akan kembali ke Indonesia pada 13 November. Kemudian, melanjutkan dengan mengikuti rangkaian KTT G20 di Bali.

“Saya akan tiba di Bali, insyaallah, tanggal 13 November malam dan langsung melakukan kegiatan terkait G20,” ungkapnya.

Editor: Adinda Salsa
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar