ADVERTISEMENT

Normalisasi Kali Angke Cegah Banjir, Pengamat: Wali Kota Jakbar Jangan Lambat

Senin, 7 November 2022 16:33 WIB

Share
Normalisasi Kali Angke. (ist)
Normalisasi Kali Angke. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pengamat Tata Kota, Nirwono Yoga mendorong Walikota Jakarta Barat (Jakbar) Yani Wahyu Purwoko, untuk bergerak cepat melakukan normalisasi terhadap Kali Angke, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Pasalnya, kali tersebut sudah mengalami penyempitan dan pendangkalan. Sehingga membuat warga di perumahan Puri Permata Media, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

"Perlu sekali pemda (Jakarta Barat) menginformasikan dan mensosialisasikan rencana apa yg akan dilakukan pemerintah untuk menuntaskan banjir termasuk jika diperlukan relokasi permukiman warga di bantaran kali/sungai," ujar Nirwono saat dihubungi, Senin (7/11/2022).

Tak hanya itu, pengamat asal Universitas Trisakti ini juga meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk segera melakukan pengerukan dan pemasangan sheet pile di bantaran Kali Angke.

 

"Pemda DKI harus meneruskan kembali pengerukan sungai dan menuntaskan pemasangan sheet pile serta menyiapkan pompa-pompa mobile," tuturnya.

Selain itu, untuk mempermudah normalisasi kali, dikatakan Niwrwono, harus juga dibuatkan Jalan Inspeksi di Kali Angke tersebut, terlebih Kali Angke di Kembangan tersebut merupakan kali yang besar.

"Ya di setiap bantaran kali/sungai besar idealnya dibuat jalan inspeksi untuk mempermudah pemeliharaan dan perawatan sungai/kali termasuk pengerukan dan pengendalian bangunan," ucapnya.

Sementara itu, Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko tak kunjung menjawab pertanyaan awak media ketika di konfirmasi Poskota.co.id terkait Kali Angke, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Padahal warganya sudah menjerit karena kerap diterpa banjir akibat luapan dari Kali Angke tersebut.

Sebelumnya, warga Kembangan, Jakarta Barat mendesak Pemprov DKI Jakarta untuk menormalisasi Kali Angke yang berada di dekat permukimannya. Mereka juga meminta pemerintah daerah membangun Jalan Inspeksi sebagai jalan alternatif menuju Cengkareng Drain, Jalan Daan Mogot.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT