ADVERTISEMENT

Pedagang Sayur Bogem Istri, Psikolog: Kemungkinan Pelaku Miliki Ganguan Mental

Minggu, 6 November 2022 20:41 WIB

Share
Faktor pemicu KDRT. (Foto/freepik)
Faktor pemicu KDRT. (Foto/freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Seorang tukang parkir membogem penjual sayur keliling yang merupakan istrinya sendiri. Pemukulan tersebut dilakukan di pinggir jalan dan disaksikan anaknya yang masih kecil.

Sebelum kejadian, kedua pasangan suami istri terlibat terlibat cekcok. Pelaku yang saat itu dalam pengaruh alkohol kemudian nekat menganiaya istrinya sendiri.

Psikolog Muhammad Iqbal mengatakan, pelaku diduga memiliki masalah dengan kesehatan mental, kontrol emosi, dan kontrol diri yang sangat rendah, sehingga erat dengan agresivitas.

"Untuk itu perlu dalami apakah pelaku berhubungan dengan alkohol dan norkoba," ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu (6/11/2022).

Menurut Iqbal, pengaruh alkohol ataupun narkoba sangat berbahaya bagi keselamatan keluarga, dalam hal ini juga sangat berpengaruh ke pelakunya sendiri.

 

Maka dari itu, dirinya mengimbau kepada istri jika mendapat suami yang pemabuk dan suka memakai narkoba, bahkan sampai mengarah ke KDRT, baiknya dimusyawarahkan dengan keluarga.

"Agar dilakukan upaya dan komunikasi antar keluarga supaya tidak terjadi kasus kekerasan dan pembunuhan," ucapnya.

Selain itu, Iqbal mengungkapkan, masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) bukan hanya terjadi karena masalah kesehatan mental individu, tapi juga masalah tekanan hidup.

"Termasuk ekonomi, sehingga menimbulkan ketidak harmonisan," paparnya. (Pandi)
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Pandi Ramedhan
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT