ADVERTISEMENT

Makassar Dijadikan Tempat Pertemuan KIB untuk Tunjukkan Kemampuan Konsolidasi Airlangga karena Sulsel Basis Golkar

Sabtu, 5 November 2022 12:14 WIB

Share
Tiga petinggi KIB dari tiga parpol menyatakan solid. (foto: ist)
Tiga petinggi KIB dari tiga parpol menyatakan solid. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ada dua alasan kenapa kota Makassar dijadikan tempat pertemuan KIB (Koalisi Indonesia Bersatu).

Salah satunya, pertemuan KIB di Makassar untuk menunjukkan kemampuan konsolidasi Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, mengingat Sulsel basis Golkar. Hal tersebut disampaikan oleh pengamat politik yang juga Direktur Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti.

“Dengan dia (Airlangga-red)  kuat di Makassar, yang merupakan daerah Pak Jusuf Kalla, dia mau mengatakan, dia bisa konsolidasi kekuatan kok Makassar itu, atau Sulawesi Selatan di bawah koordinasi Ketua Umum Golkar ini,” kata Ray,  Sabtu  (5/11/2022).

Kota Makassar yang merupakan basis Golkar, kini mulai ramai dukungan atas Partai Nasdem dan Capres mereka Anies. Dengan konsolidasi kekuatan menyeluruh, Golkar diharapkan bisa mensinergikan kekuatan mereka di Sulawesi Selatan. 

 

 Ray Rangkuti, pengamat politik dari Lingkar Madani. (Foto: rizal/poskota)

Golkar,  Ray menyebut, masih memiliki waktu untuk memperkuat basis mereka, terkait elektabilitas. “Yang penting deklarasi dulu. Saya kira basis basis, Jawa Barat, akan kembali Golkar, Jawa Tengah, apalagi Indonesia timur. Dengan catatan mereka tidak punya saingan, misalnya tiba-tiba PDIP ikut KIB,” beber Ray. 

Sementara itu PPP mulai bergerak untuk mengejar ketinggalan 1-2% untuk meraih pairlementary threshold dengan mendukung Ganjar Pranowo.

Dalam skenario Ray, Ganjar-Airlangga sangat relevan, memenuhi unsur elektabilitas juga berasal dari internal KIB. Nama Ganjar sering disebut oleh politisi dari PPP dan PAN. 

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan bertemu di Makassar hari minggu ini dengan tuan rumah Partai Golkar. Rencananya ketiga parpol anggota KIB, yaitu Golkar, PAN dan PPP akan membahas tentang visi misi PATEN. Namun belum pasti apakah dalam pertemuan tersebut akan menyebut nama Capres KIB atau tidak. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT