ADVERTISEMENT

Hasil Survei Jeblok, NasDem Terancam Tak Lolos ke Parlemen

Rabu, 2 November 2022 18:34 WIB

Share
Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. (foto: ist)
Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. (foto: ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Partai NasDem terancam tak lolos ke parlemen lantaran hasil surveinya jeblok di bawah parliamentary threshold (PT), 4 persen. Hal tersebut terpotret dari hasil survei LSI Denny JA yang diiris kemarin, Selasa, 1 November.

Merespons temuan itu, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya, menyatakan partainya bakal berbenah diri menuju Pemilu 2024. Menurutnya, NasDem masih punya waktu untuk melakukan perbaikan terkait dengan elektabilitas partai.

"It's ok. Pemilu masih satu tahun lebih, masih banyak waktu untuk berbenah," ujar Willy kepada wartawan, Rabu, 2 November 2022.

Willy mengakui, hasil survei yang dihimpun berbagai lembaga survei memiliki hasil yang berbeda-beda. Jika elektabilitas NasDem bagus, kata dia, partai mensyukuri. Namun jika diprediksi tidak lolos Parlemen, maka NasDem akan melakukan perbaikan.

"Tentu jadi catatan buat kami untuk mengidentifikasi, apa yang jadi penyebabnya, sehingga kami bisa memperbaiki diri," kata Willy.

Sebelumnya, hasil survei LSI Denny JA menyebutkan Partai NasDem terancam tidak lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 mendatang. NasDem hanya memperoleh 3,9 persen atau lebih rendah dari syarat perolehan suara untuk mendapat kursi DPR (parliamentary threshold) yakni 4 persen.

"NasDem 3,9 persen," kata peneliti LSI Denny JA Ade Mulyana, Selasa, 1 November.

Sementara PDIP berada di posisi teratas dengan 20,9 persen, Golkar 14,5 persen, Gerindra 9,8 persen, PKS 8,3 persen, PKB 5,9 persen, serta Demokrat 5,4 persen.

Ada dua parpol penghuni Senayan yang bakal bernasib sama dengan NasDem, yakni PPP dan PAN. Dua parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) itu juga diprediksi tidak lolos ambang batas parlemen.

"PPP 2,3 persen, PAN 2,1 persen," kata Ade. (wanto)

ADVERTISEMENT

Reporter: Wanto
Editor: Cahyono
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT