ADVERTISEMENT

Mungkinkah Usia Panjang dan Kematian Manusia Bisa Diprediksi?

Selasa, 1 November 2022 13:00 WIB

Share
Usia panjang dan kematian (Kolase: Ignatius Dwiana)
Usia panjang dan kematian (Kolase: Ignatius Dwiana)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

EKG adalah grafik yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu.

Peter Fedichev menyebutkan hal tersebut mengilhami untuk menjajaki potensi kecerdasan buatan (AI) untuk penilaian risiko kesehatan berdasarkan aktivitas fisik manusia.

Satu pekan pengukuran aktivitas cukup bagi jaringan saraf untuk memprediksi usia biologis dan risiko kematian.

Dia mengklaim algoritma berbasis AI yang dibuat oleh Gero telah mengungguli model-model usia biologis dan risiko kematian yang sebelumnya tersedia dari data yang sama.

Perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan akan mendapatkan manfaat terbesar dari teknologi Gero.

“AI dapat digunakan untuk lebih memperbaiki model-model risiko,” kata Peter Fedichev seraya menambahkan bahwa kombinasi teori penuaan dengan alat pembelajaran mesin modern yang paling kuat akan membantu mengurangi risiko dalam asuransi, perencanaan pensiun, dan berkontribusi terhadap terapi anti penuaan.

Gero telah mengembangkan versi beta tak berbayar aplikasi Gero Lifespan yang dapat memperkirakan masa hidup pengguna dengan bantuan akselerometer ponsel pintar. Meski begitu fokus utama perusahaan rintisan ini adalah mengembangkan pendekatan terapis terhadap penuaan.

“Kami mencari cara untuk memperlambat segala perubahan yang berkaitan dengan penuaan di tubuh dan menunda penyakit yang tergantung pada usia. Seperti penyakit kardiovaskular, gangguan otak, dan kanker,” ucap Peter Fedichev.

“Kami ingin menggunakan AI tak hanya untuk menilai risiko yang berkaitan dengan usia. Tetapi juga untuk mencari cara untuk menguranginya.” ***

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Ignatius Dwiana
Editor: Ignatius Dwiana
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT