ADVERTISEMENT

SMRC: NasDem Kehilangan 9 Persen Pemilih, PDIP 29 Persen Pindah ke Partai Lain

Minggu, 30 Oktober 2022 17:52 WIB

Share
Surya Paloh (Foto: tangkapan layar ig Suryapaloh.id)
Surya Paloh (Foto: tangkapan layar ig Suryapaloh.id)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan sebanyak 31 persen pemilih partai pada Pemilu 2019 pindah memilih partai lain. Untuk Partai NasDem yang baru saja mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres, kehilangan suara sebanyak 9 persen.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, mengatakan 9 persen pemilih NasDem tersebut pindah ke PDIP. Adapun Partai Banteng sendiri kehilangan suara sebanyak 29 persen.

Deni mengungkapkan, hanya ada sekitar 58 persen pemilih yang menyatakan setia atau akan kembali memilih partai yang dipilihnya pada Pemilu 2019. Sementara yang belum menentukan pilihan sebanyak 11 persen.

"Ada 21 persen pemilih PDIP yang menyatakan pindah ke partai lain. Sementara yang menyatakan setia sebanyak 66 persen dan yang belum menentukan pilihan 13 persen. Meki demikian, partai ini cukup banyak menarik pemilih dari partai lain, seperti Demokrat (12 persen), Golkar (10 persen), dan Nasdem (9 persen)," kata Deni dalam keterangan tertulis, Minggu, (30/10/2022).

Pemilih Gerindra yang menyatakan akan kembali memilih partai ini sebanyak 49 persen, yang pindah ke partai lain 36 persen, dan yang belum menentukan pilihan 14 persen. Partai ini menyerap 6 persen pemilih yang pindah dari Partai Demokrat, 6 persen dari PPP, dan 5 persen dari PKS.

 

 

Terdapat 60 persen pemilih Golkar yang menyatakan setia. Yang pindah ke partai lain 36 persen dan belum menentukan pilihan 8 persen. Namun demikian, Golkar cukup banyak menarik pemilih PAN (17 persen) dan Nasdem (5 persen).

Sedangkan, pemilih PKB yang setia 74 persen, pindah ke partai lain 22 persen, belum menentukan pilihan 4 persen. Partai ini menarik pindahan suara dari PKS sebanyak 7 persen.

Selanjutnya, pemilih NasDem yang setia 45 persen, pindah ke partai lain 42 persen, belum menentukan pilihan 13 persen. Ada 6 persen suara dari Gerindra yang pindah ke Nasdem.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT