ADVERTISEMENT

Bentuk Pos SAPA di 3 BUMD, Pemprov DKI Canangkan Layanan Transportasi Ramah Perempuan dan Anak

Minggu, 30 Oktober 2022 21:08 WIB

Share
Pemasangan Badge untuk para petugas Call Center Pos SAPA LRT Jakarta dilakukan secara simbolis oleh Menteri PPPA RI.(Foto: Aldi)
Pemasangan Badge untuk para petugas Call Center Pos SAPA LRT Jakarta dilakukan secara simbolis oleh Menteri PPPA RI.(Foto: Aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui BUMD Jakarta serta Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta melaksanakan kegiatan kolaboratif bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Tujuannya untuk mencanangkan komitmen pelayanan transportasi ramah perempuan dan anak, di Stasiun LRTJ Velodrome, Jakarta Timur, Minggu (30/10/ 2022).

BUMD terkait dalam hal ini, yakni PT LRT Jakarta  merupakan anak usaha PT Jakarta Propertindo (Perseroda).

Penandatanganan Komitmen Pelayanan Transportasi Ramah Perempuan dan Anak dilakukan oleh Direktur Utama PT LRT Jakarta, Hendri Saputra; yang disaksikan oleh Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga; Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati; Pj Ketua TP PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti Budi Hartono; Wali Kota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar; Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo; serta Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta. Selain itu, diluncurkan pula layanan Call Center Pos SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) LRT Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT LRT Jakarta, Hendri Saputra menyatakan, penandatanganan komitmen dan peluncuran Call Center Pos SAPA diharapkan bisa menjaga LRT menjadi moda transportasi publik yang ramah perempuan dan anak.

"Ini merupakan fase penting layanan. Kami berharap dukungan semua pihak," ujar Hendri dalam keterangannya, Minggu (30/10/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati berharap, berbagai upaya kolaboratif yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dapat mencegah dan meniadakan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di ruang publik, khususnya pada transportasi umum LRT Jakarta.

"Sekaligus kita berkampanye bersama untuk mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan maupun anak di ruang-ruang publik, utamanya kali ini adalah di transportasi umum LRT Jakarta. Kesempatan hari ini tentu merupakan kolaborasi yang akan terus kita tingkatkan di kemudian hari; untuk menghadirkan transportasi publik yang aman dan nyaman untuk semua, utamanya perempuan dan anak. Kita tidak terbatas di sini saja, kami akan kampanye terus," tegasnya.

Tuty pun menegaskan, Pemprov DKI Jakarta telah membentuk Pos Pelayanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) Transportasi Publik pada 3 (tiga) BUMD Jakarta sebagai upaya mencegah tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Pos tersebut di antaranya, yakni di MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta. Pemprov DKI Jakarta juga terus berupaya menggencarkan kampanye dan sosialisasi di seluruh wilayah Jakarta guna mewujudkan transportasi publik yang ramah perempuan dan anak.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT