ADVERTISEMENT

Belum Deklarasi Capres 2024, Pengamat Sebut Prabowo Masih Tunggu Sinyal Istana

Minggu, 30 Oktober 2022 17:00 WIB

Share
Uchok Sky Khadafi. (ist)
Uchok Sky Khadafi. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA POSKOTA.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sampai kini belum mengumumkan diri sebagai calon presiden (Capres) untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Prabowo sampai kini belum berani deklarasi capres karena mungkin menunggu sinyal-sinyal dari Istana," terang Direktur Eksekutif CBA (Center For Budget Analysis), Uchok Sky Khadafi yang dihubungi di Jakarta, Minggu (30/10/2022).

Uchok menilai mendapat sinyal dari Istana ini penting, sehingga Prabowo bisa terhindar dari kemungkinan adanya gesekan politik dalam menuju di Pilpres 2024.

Sebab itu, lanjut Uchok, perkembangan politik nasional yang terkait pilpres ini akan dapat dilihat setelah perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada pertengahan November 2022 di Bali.

"Bisa jadi Istana belum memberikan sinyal kepada Prabowo karena semua menteri Jokowi, termasuk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk fokus perhelatan konferensi tersebut," tutur mantan aktivis 98 ini.

Karena itu, menurutnya, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) merupakan koalisi partai politik pendukung Pemerintahan Joko Widodo masih diam kalau bicara capres dalam koalisi mereka.

Ia mengatakan masyarakat masih menunggu langkah politik Jokowi di Pemilu 2024, setelah gagal wacana agenda politik presiden tiga periode, kemudian  muncul wacana Jokowi akan menjadi calon wakil presiden.

"Ada dorongan dari relawan yang ingin menyatukan Prabowo-Jokowi sebagai capres dan cawapres. Itu mengapa Prabowo mungkin masih menunggu sinyal," tandas Ucok. (johara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT