ADVERTISEMENT

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Begini Pesan Heru Budi Hartono untuk Generasi Bangsa

Jumat, 28 Oktober 2022 15:34 WIB

Share
Pemprov DKI Jakarta menggelar Upacara peringati Hari Sumpah Pemuda.(aldi)
Pemprov DKI Jakarta menggelar Upacara peringati Hari Sumpah Pemuda.(aldi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Peringati Hari Sumpah Pemuda  ke-94 , Jumat 28 Oktober 2022. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Upacara denngan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Balai Kota DKI Jakarta serta Forkopimda DKI di lapangan Monas, Jakarta Pusat, pada Jumat (28/20/2022).

Penjabat (Pj) Heru Budi Hartono yang menjadi Inspektur Upacara (IRUP) pun membacakan naskah Sumpah Pemuda dari Menpora RI, Zainudin Amali. 

Dalam sambutannya, Heru Budi mengatakan bahwa peringatan Sumpah Pemuda selalu memiliki arti penting terhadap persatuan bangsa dan cita-cita mewujudkan kejayaan Republik Indonesia. Hal ini sejalan dengan tema peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini yaitu "Bersatu Bangun Bangsa".

"Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," kata Heru Budi.

Ia juga menjelaskan, sejarah telah menjelaskan peran pemuda dalam memelopori visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928, yang kemudian diikuti rangkaian pergerakan yang mengantarkan proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sehingga peringatan Sumpah Pemuda penting diselenggarakan sebagai upaya menghadirkan sejarah masa lalu.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar, menyikapi perbedaan suku, agama, ras, dan kultur, serta berbagai kepentingan agar menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan," terangnya.

Kepala Sekretariat Presiden ini juga turut menegaskan, bahwa pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Maka dari itu mandat pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segalanya dan mengajak pemuda untuk terus kreatif dan berinovasi.

"Keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda menjadi pelaku penting dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045. Pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian yang mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama para pemuda Indonesia," jelasnya.

Selain itu, Heru Budi turut mengimbau te tentang pentingnya upaya pemberdayaan dan pengembangan bagi pemuda. 

"Upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, dan mandiri perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi berbagai situasi dan mampu mencapai prestasi tinggi. Marilah kita jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk bersama membangun bangsa," pungkasnya. (Aldi)

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT